Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Berikut Pola Hidup dan Kebiasaan yang Berisiko Meningkatkan Aritmia Jantung

Prof. Dr. dr. Yoga Yuniadi, Sp.JP(K) menerangkan, ada beberapa kebiasaan dan pola hidup yang dapat meningkatkan risiko terkena aritmia jantung.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Berikut Pola Hidup dan Kebiasaan yang Berisiko Meningkatkan Aritmia Jantung
kutv.com
Ilustrasi jantung sehat. Ada beberapa kebiasaan dan pola hidup yang dapat meningkatkan risiko terkena aritmia jantung. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA -- Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Prof. Dr. dr. Yoga Yuniadi, Sp.JP(K) menerangkan, ada beberapa kebiasaan dan pola hidup yang dapat meningkatkan risiko terkena aritmia jantung.

Aritmia jantung atau gangguan ritme jantung, adalah kondisi medis yang berpotensi serius pada kesehatan dan kualitas hidup seseorang. 

Baca juga: Mengenal Teknologi Skrining Jantung, Ini Perbedaan CT Scan dengan Kateterisasi




Gangguan ini mencakup berbagai ketidaknormalan dalam ritme detak jantung, dari detak yang terlalu cepat (takikardia) hingga terlalu lambat (bradikardia), dan dapat mengganggu fungsi jantung dalam memompa darah secara efisien. 

Dokter Yoga menuturkan, konsumsi alkohol berlebihan dan penggunaan kafein dalam jumlah besar dapat mempengaruhi ritme jantung dan memicu aritmia. 

Selain itu, merokok juga merupakan faktor risiko yang dapat memperburuk kesehatan jantung dan meningkatkan kemungkinan gangguan ritme. 

Baca juga: Anggapan Tentang Penderita Sakit Jantung Dilarang Olahraga Hanya Mitos, Begini Kata Dokter

Stres kronis dan pola tidur yang tidak teratur dapat mempengaruhi kesehatan jantung dan memicu aritmia. 

BERITA TERKAIT

"Termasuk juga kurangnya aktivitas fisik dan diet tidak sehat yang kaya akan lemak jenuh dan garam dapat juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan aritmia," ungkap dokter dari RS Siloam TB Simatupang Jakarta ini, Selasa (10/9/2024).

Untuk mengurangi risiko terkena aritmia, penting untuk mengadopsi gaya hidup sehat yang meliputi diet seimbang dengan banyak buah, sayuran, dan biji-bijian.

Operasi Jantung Hybrid
Operasi Jantung Hybrid (TRIBUNSUMSEL.COM/Siemen Martin)

Melakukan olahraga teratur seperti jalan kaki, berlari, atau bersepeda untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan regulasi ritme. 

Menghindari alkohol dan kafein dalam jumlah berlebihan serta berhenti merokok adalah langkah penting dalam pencegahan aritmia. 

Mengelola stres melalui teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Menjaga berat badan ideal dan menjalani pemeriksaan kesehatan jantung secara rutin dapat membantu mendeteksi masalah sejak dini dan mengambil tindakan preventif yang diperlukan. 

Menjaga kualitas tidur dan memastikan pola tidur yang teratur juga berperan penting dalam mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas