Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Airlangga Hartarto: Pemerintah Dorong Biaya Digitalisasi Semakin Murah

Selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), infrastruktur dan layanan digital terbukti menjadi tulang punggung bagi produktivitas.

Airlangga Hartarto: Pemerintah Dorong Biaya Digitalisasi Semakin Murah
Tribunnews/JEPRIMA
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto saat memberikan kata sambutan pada acara Musyawarah Nasional X Partai Golkar di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019). Munas X Partai Golkar diselenggarakan pada 3 hingga 6 Desember 2019. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Era digital memengaruhi seluruh aspek kehidupan. Tak terkecuali di Indonesia. Masyarakat diharapkan semakin memahami digitalisasi, termasuk percepatan transformasi digital.

Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pandemi Covid-19 mestinya menjadi momentum bagi pemerintah dalam mempercepat transformasi digital ini.

Menurutnya, selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), infrastruktur dan layanan digital terbukti menjadi tulang punggung bagi berbagai kegiatan produktif.

Baca: Legislator Golkar Kritik Sri Mulyani Gunakan Pola Lama Hadapi Krisis Ekonomi di Masa Pandemi

"Misalnya, bekerja berjualan dan belajar dari rumah," ungkap Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Berbicara dalam konfrensi pers Peluncuran Program Dukungan UMKM Indonesia GrabForGood 2020, Selasa (30/6/2020), Airlangga Hartarto menekankan bahwa transformasi digital merupakan suatu keharusan.

"Apalagi di masa pandemi ini. Migrasi dari offline ke online adalah sesuatu yang diperlukan oleh masyarakat. Berbagai negara pun mendorong digitalisasi ekonomi agar tidak ketinggalan," tutur Airlangga Hartarto.

Dia juga mengemukakan sejumlah langkah pemerintah dalam mendorong masyarakat makin melek digital. Di antaranya, bagaimana pemerintah mengupayakan harga smartphone di Indonesia ke depannya bisa lebih terjangkau. Tujuannya agar lebih banyak masyarakat RI yang melek digital sehingga ke depan bisa dimanfaatkan untuk pemertaan ekonomi lewat e-commerce.

Baca: Wagub Banten Ikut Dampingi Pemberian Bantuan Golkar kepada Masyarakat agar Tepat Sasaran

"Pemerintah akan mendorong cost dari digitalisasi ini bisa semakin murah. Harga dari smartphone juga diharapkan akan lebih terjangkau, dengan demikian lebih banyak lagi orang yang bisa menggunakan smartphone," papar Airlangga.

Terkait dengan transformasi digital, Airlangga menyebutkan, tidak saja meningkatkan efisiensi dan produktivitas, tapi juga mendorong inklusivitas. Menurutnya, pemerintah pun berkomitmen menciptakan lingkungan berusaha yang nyaman bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk berbisnis secara online.

Pendampingan dan pelatihan secara konsisten dan berkelanjutan juga diperlukan agar UMKM dapat bertahan dan berkembang dalam ekosistem digital.

Halaman
12
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas