Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pastikan Keamanan Angkutan Lebaran, Kemenhub Gelar Uji Petik di Samarinda

Kegiatan uji petik ini sebagai wujud usaha menjamin kelancaran dan keselamatan transportasi laut khususnya menjelang angkutan lebaran.

Editor: Content Writer
zoom-in Pastikan Keamanan Angkutan Lebaran, Kemenhub Gelar Uji Petik di Samarinda
dok. Kemenhub
Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus melakukan upaya pengawasan, salah satunya dengan melaksanakan uji petik atau uji kelaiklautan kapal yang kali ini digelar di Samarinda yang diaksanakan pada tanggal 12 sampai dengan 14 April 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Dalam rangka meningkatkan keselamatan pelayaran khususnya angkutan laut menjelang angkutan lebaran Tahun 2022/1443 H, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus melakukan upaya pengawasan, salah satunya dengan melaksanakan uji petik atau uji kelaiklautan kapal yang kali ini digelar di Samarinda yang diaksanakan pada tanggal 12 sampai dengan 14 April 2022.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Ahmad Wahid menjelaskan bahwa kegiatan uji petik ini sebagai wujud nyata Pemerintah dalam hal ini dilaksanakan oleh Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Hubla Kemenhub, hadir dalam usaha menjamin kelancaran dan keselamatan transportasi laut khususnya menjelang angkutan lebaran.

"Kegiatan Uji Petik di Pelabuhan Samarinda dilaksanakan secara random terhadap kapal-kapal Penumpang yang akan mendukung pelaksanaan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2022/ 1443H," ujarnya.

Ahmad Wahid menjelaskan uji petik ini diantaranya memeriksa dokumen Kapal dan sertifikat awak kapal, pengujian sarana emergency di atas Kapal, sarana radio komunikasi serta hal terkait keselamatan kapal yang Wajib dipenuhi oleh operator kapal.

Uji petik jelang angkutan lebaran ini didasari oleh Instruksi Dirjen Perhubungan Laut Nomor IR-DJPL I Tahun 2022 dan SK Dirkapel No. KP-DK 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Pelaksanaan Kegiatan Pengendalian Transportasi Laut Pada Masa Idul Fitri 1443 H Tahun 2022.

"Pemeriksaan dilakukan meliputi banyak hal, khususnya terkait kelaiklautan dan keselamatan kapal yang akan digunakan sebagai sarana angkutan dalam arus mudik dan arus balik pada Hari Raya Idul Fitri Tahun ini," jelasnya.

Sebagai informasi, kegiatan Uji Petik di Pelabuhan Samarinda ini merupakan rangkaian pelaksanaan yang juga telah dilakukan pada beberapa Pelabuhan lainnya di seluruh Indonesia.(*)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas