Tribun

Bamsoet Harap Atlet Indonesia Juarai International Federation of Sport Climbing World Cup 2022

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi kinerja Yenny Wahid selaku Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia.

Editor: Content Writer
zoom-in Bamsoet Harap Atlet Indonesia Juarai International Federation of Sport Climbing World Cup 2022
Doc. MPR
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo usai menghadiri pembukaaan International Federation of Sport Climbing World Cup Jakarta 2022, di Jakarta, Sabtu (24/9/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kinerja Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid beserta jajarannya yang berhasil menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan Dunia Panjat Tebing, International Federation of Sport Climbing World Cup Jakarta 2022.

Sekaligus mencatatkan sejarah, karena baru pertama kalinya FPTI berhasil menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Indonesia.

"Kerja keras Mbak Yenny Wahid dan jajarannya ini telah mengharumkan nama bangsa, karena menunjukan besarnya kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia. Sekaligus membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang aman dan damai. Sangat cocok menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan olahraga dunia," ujar Bamsoet usai menghadiri pembukaaan International Federation of Sport Climbing World Cup Jakarta 2022, di Jakarta, Sabtu (24/9/2022).

Turut hadir antara lain, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Ketua FPTI Yenny Wahid, Ketua Umum KONI Letjen TNI (purn) Marciano Norman, dan Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, dalam kejuaraan dunia ini, Indonesia setidaknya menurunkan 42 atlet yang terdiri atas 22 atlet speed dan 20 atlet lead, dengan rincian dari kategori speed putra 12 orang dan putri 10 orang. Sedangkan kategori lead 10 putra dan 10 putri.

"Para atlet Indonesia tersebut bersaing dengan sekitar 200 atlet dari 27 negara. Dua atlet Indonesia, Kiromal Katibin dan Veddriq Leonardo, berpeluang memenangi gelar juara umum kategori speed. Saat ini rekor speed dipegang atlet Indonesia, Kiromal Katibin dengan waktu 5,00 detik, yang tercipta dalam seri Kejuaraan Dunia di Prancis. Mudah-mudahan Kiromal bisa membuat rekor baru dalam kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Jakarta," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, berdasarkan catatan Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC), Kiromal Katibin dan Veddriq Leonardo, menduduki posisi pertama dan kedua klasemen sementara Piala Dunia 2022 nomor speed.

"Veddriq yang menjadi juara umum speed putra edisi tahun lalu, berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 3.910 poin, diikuti Katibin di posisi kedua dengan 3.275 poin. Jika Veddriq atau Katibin bisa menjadi yang tercepat dalam kejuaraan di Jakarta, maka salah satu dari mereka akan mendapat tambahan 1.000 poin dan memastikan gelar juara umum Piala Dunia 2022 speed putra. Mari kita doakan bersama," pungkas Bamsoet. (*)

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas