Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

16 Kelompok Tani di Mempawah dapat Bantuan Alsintan dari Kementan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap alsintan yang didapat bisa dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya di kabupaten Mempawah

Editor: Content Writer
zoom-in 16 Kelompok Tani di Mempawah dapat Bantuan Alsintan dari Kementan
dok. Kementan
Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil 

TRIBUNNEWS.COM - Sektor pertanian di Kabupaten Mempawah diharapkan akan semakin optimal. Pasalnya, Kementerian Pertanian memberikan dukungan berupa bantuan alat dan mesin pertanian atau alsintan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap alsintan yang didapat bisa dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya.

"Alsintan harus bisa mengangkat produktivitas pertanian. Oleh sebab itu, petani harus mampu memanfaatkan alsintan dengan sebaik-baiknya," katanya, Jumat (4/11/2022).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil, mengatakan alsintan mempunyai banyak manfaat.

"Yang pasti, dengan Alsintan proses produksi pertanian akan semakin cepat. Misalnya untuk olah tanam. Dengan cara konvensional, olah lahan bisa memakan waktu beberapa hari. Tapi, dengan alsintan berupa traktor hanya butuh beberapa jam," jelasnya.

Oleh sebab itu, Ali berharap petani memahami Alsintan sesuai karakter yang dibutuhkan.

"Alsintan itu beragam, ada untuk olah lahan, tanam dengan rice transplanter, panen dengan combine harvester, dan lainnya. Semua itu harus bisa dimanfaatkan dengan baik," katanya.

BERITA TERKAIT

Di Kabupaten Mempawah 16 Kelompok Pertanian (Poktan) mendapatkan alsintan yang diserahkan di halaman Kantor Dinas pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Mempawah, Kamis (3/11/2022).

Ada beberapa alat dan mesin pertanian yang diberikan, seperti, Hand tractor, hands sprayer, kultivator, mesin pompa 4 inch, mesin dryer mobile, vertical dryer stainless, dan power thereser.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas