Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Fraksi NasDem MPR Gelar Seminar Bahas Politik Beretika dalam Pemilu

Fraksi Partai NasDem MPR RI menggelar seminar bertema 'Peran Masyarakat Dalam Mengawal Politik Beretika' di Hotel Sentral, Cawang, Jakarta (9/9/2023).

Editor: Content Writer
zoom-in Fraksi NasDem MPR Gelar Seminar Bahas Politik Beretika dalam Pemilu
Istimewa
Acara Seminar Fraksi Partai NasDem MPR RI yang berlangsung di di Hotel Sentral, Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (9/9/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Fraksi NasDem MPR RI menggelar seminar bertema 'Peran Masyarakat Dalam Mengawal Politik Beretika' di Hotel Sentral, Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (9/9/2023).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Fraksi NasDem MPR RI Syarief Abdullah Alkadrie, serta dihadiri oleh Bendahara Fraksi NasDem MPR Drs. Fadholi, Anggota Fraksi NasDem MPR, Irma Suryani Chaniago, Charles Meikyansyah dan Eva Yuliana.

Dalam kesempatan itu hadir sebagai narasumber pakar, Dr. Suyoto, Muhammad Husen Db, dan juga hadir secara khusus Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Siar Anggretta Siagian, Anies Rasyid Baswedan yang hadir melalui Zoom dan H. Charles Meikyansyah. Seminar juga dihadiri 200 orang peserta dari berbagai latar belakang profesi.




Usai membuka seminar, Syarief Abdullah Alkadrie menyampaikan pentingnya pelaksanaan pemilu yang beretika di hadapan peserta, sehingga semua pihak harus mengambil bagian dalam menyukseskan pemilu sebagai upaya kerja kolektif.

Baca juga: Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Fadel Muhammad: Membangun Bangsa Harus Berpedoman Kepada Empat Pilar

Bendahara Fraksi NasDem MPR RI Drs. Fadholi juga menyampaikan bahwa pemilih harus menjadikan momentum ini untuk memelihara politik beretika dengan terus memilih pemimpin yang berkualitas.

Pada sesi pembahasan materi, Siar Anggretta Siagian memberikan banyak materi tentang bagaimana peran perempuan dan gerakan organisasi yang harus berperan besar dalam menyelamatkan peran politik kebangsaan khususnya pada saat Pemilu tahun 2024 yang akan datang.

Selain berkeinginan besar untuk melihat suksesnya pemilu yang beretika, Siar memilih mengajak semua pihak untuk tetap berjuang melakukan politik beretika dan bermoral. Menurutnya, kerja politik harus dibarengi dengan kerja sosial.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya, H. Charles Meikyansyah menegaskan bahwa media harus menjadi garda terdepan dalam menyuarakan nilai politik beretika. Sebagai orang yang paham media, Charles mendukung apa yang sedang digerakkan oleh Siar Anggretta Siagian dalam mewujudkan peran politik beretika di daerah Jakarta Timur, khususnya kecamatan Duren Sawit, Jatinegara dan Kramat Jati.

"Apa yang sedang dilakukan Siar Anggretta Siagian itu, dalam upaya mendorong masyarakat untuk aktif dan beretika menjadi kerja kita semua," katanya.

Baca juga: Ketua MPR RI Bamsoet Sebut Pentingnya Ingatkan Netralitas TNI dan Polri dalam Sambut Pemilu 2024

Terkait upaya penguatan politik beretika, Eva Yuliana menegaskan betapa semua pihak harus melihat secara baik, betapa kekuatan politik dapat merubah tatanan kehidupan yang lebih baik. Eva menekankan harusnya bangsa ini belajar dari berbagai sejarah kepemimpinan.

"Kita harus menjaga dan merawat bangsa ini sebagai upaya meneruskan dan menghormati para pendahulu bangsa ini. Kita harus lebih sadar akan betapa bangsa ini lahir dengan darah dan air mata, jadi kita harus dan wajib menjaga dan merawatnya dengan sepenuh hati. Apa yang sedang di inisiasi oleh Siar Anggrerta Siagian di Jakarta Timur ini adalah hal yang baik yang dapat dilihat sebagai praktik politik yang berbasis etik dan kesantunan," terangnya.

Selain itu, Irma Suryani, juga menyampaikan bahwa politik lima tahunan ini harus disikapi dengan bergembira dan bersama. "Kita anak bangsa harusnya menjadi bagian penting dalam menyuarakan kebaikan dan kebenaran demi menghasilkan pemimpin yang berintegritas dan bermoral," tegasnya.

Kapoksi Komisi IX ini juga mengingatkan bahwa kesehatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya perempuan harus menjadi fokus perjuangan.

Sementara narasumber pakar Dr. Suyoto menekankan, politik beretika dapat diwujudkan dengan para politisi yang punya moral dan kesantunan. Sebagaimana apa yang selama ini diajarkan oleh Surya Paloh.

Baca juga: Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Perguruan Tinggi

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas