Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadi Program Prioritas Kemenhub, Presiden Jokowi Resmikan Tiga Terminal Tipe A Sekaligus

Menjadi program prioritas Kemenhub untuk tingkatkan minat penggunaan transportasi umum, Presiden Jokowi resmikan tiga terminal tipe A sekaligus.

Editor: Content Writer
zoom-in Jadi Program Prioritas Kemenhub, Presiden Jokowi Resmikan Tiga Terminal Tipe A Sekaligus
Istimewa
Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan sekaligus tiga terminal penumpang tipe A, yakni Terminal Tingkir Salatiga Jawa Tengah, Terminal Paya Ilang Takengon Aceh, dan Terminal Anak Air Kota Padang Sumatera Barat, yang dilakukan di Terminal Tingkir, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, SALATIGA - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sekaligus tiga terminal penumpang tipe A, yakni Terminal Tingkir Salatiga Jawa Tengah, Terminal Paya Ilang Takengon Aceh, dan Terminal Anak Air Kota Padang Sumatera Barat, yang dilakukan di Terminal Tingkir, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023). 

Didampingi oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Presiden Jokowi mengatakan pembangunan sarana dan prasarana transportasi sangat penting untuk meningkatkan konektivitas antar kota, antar daerah, dan mendukung mobilitas masyarakat, serta meningkatkan kenyamanan pengguna transportasi darat. 

“Kehadiran sarana dan prasarana transportasi akan makin terasa pentingnya, terutama saat terjadi lonjakan penumpang seperti saat libur hari raya atau menjelang libur akhir tahun seperti sekarang ini,” ujar Presiden Jokowi

Hal itu disampaikan oleh Presiden Jokowi saat menghadiri peresmian tiga terminal penumpang tipe A, di Terminal Tingkir Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (13/12/2023). Dalam peresmian tersebut, turut dihadiri pula Direktur Perhubungan Darat Jenderal Hendro Sugiatno, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Purwantono, PJ Walikota Yasip Khasani, Kepala Terminal Tingkir Vicky Chandra Yanuar. 

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Kemenhub Selesaikan Revitalisasi 3 Terminal Tipe A

Maka dari itu, Presiden Jokowi menambahkan melalui revitalisasi ini terminal bus tidak hanya berfungsi sebagai tempat naik turun penumpang, tetapi juga memiliki fungsi lain (mixed use) yang merupakan konsep terminal modern. 

“Terminal juga memiliki fungsi lain, seperti pusat kegiatan UMKM, pusat perbelanjaan, pusat kegiatan sosial dan bisa mengintegrasikan moda transportasi lainnya,” ujar Presiden Jokowi

Pada kesempatan yang sama, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, konsep terminal modern dan multifungsi ini diusung pada terminal-terminal yang baru dibangun atau direvitalisasi. 

BERITA TERKAIT

Ia menambahkan, revitalisasi Terminal Tipe A ini menjadi salah satu program prioritas dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) setelah dilakukan pelimpahan wewenang pengelolaannya dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat. 

“Dengan konsep yang lebih modern, kehadiran terminal ini diharapkan dapat makin meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi massal,” ucap Menhub Budi Karya.

Diketahui, Terminal Tipe A Tingkir Salatiga dan Terminal Tipe A Anak Air Padang  merupakan pembangunan terminal baru. Sedangkan, Terminal Tipe A Paya Ilang, Aceh Tengah merupakan rehabilitasi dari terminal lama. 

Baca juga: Menhub Budi Karya Sumadi Prediksi Ada 107 Juta Pemudik saat Libur Natal dan Tahun Baru

Terminal Tingkir dibangun menggunakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Rp34,8 Miliar dan memiliki luas lahan 10.367 m2 dengan luas bangunan terminal 15.037 m2. Terminal ini melayani Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), dengan pergerakan sebanyak 235 bus/hari dan 4.000 lebih penumpang/hari.

Terminal Anak Air dibangun menggunakan APBN rupiah murni dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Rp94,8 Miliar dan memiliki luas lahan 27.385 m2 dengan luas bangunan terminal 10.364 m2. Terminal ini melayani Bus AKAP dan AKDP, dengan pergerakan sebanyak 109 bus/hari dan 400 lebih penumpang/hari.

Terminal Paya Ilang dibangun menggunakan APBN rupiah murni Rp22 Miliar dan memiliki luas lahan 9.792 m2 dengan luas bangunan terminal 2.500 m2.Terminal ini melayani Bus AKAP dan AKDP, dengan pergerakan sebanyak 91 bus/hari dan 800 lebih penumpang/hari. (*) 

Baca juga: Bandara Dhoho Kediri Masuk Tahap Kalibrasi, Menhub Budi: Target Beroperasi Awal 2024

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas