Tribun

Isolasi Mandiri di Rumah Tak Bisa Sembarangan, Catat Protokol Kesehatannya!

Isolasi mandiri memang dapat dilakukan di rumah bagi orang terkonfirmasi COVID-19 tanpa gejala dan bergejala ringan.

Editor: Content Writer
Isolasi Mandiri di Rumah Tak Bisa Sembarangan, Catat Protokol Kesehatannya!
Istimewa

TRIBUNNEWS.COM - Isolasi mandiri memang dapat dilakukan di rumah bagi orang terkonfirmasi COVID-19 tanpa gejala dan bergejala ringan, tapi tidak bisa dilakukan sembarangan.

Ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi agar proses isolasi tersebut berjalan optimal dan pasien terkonfirmasi COVID-19 tidak menularkan virus ke anggota keluarganya di lingkungan rumah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, menjelaskan, hal pertama yang harus dipastikan adalah rumah atau fasilitas pribadi tersebut harus benar-benar layak untuk isolasi mandiri.

Pasien harus melapor terlebih dahulu hasil pemeriksaan PCR yang mengonfirmasi positif COVID-19 ke Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di wilayahnya untuk dilakukan pengecekan kondisi kelayakan rumah sesuai kriteria persyaratan yang tercantum dalam Keputusan Gubernur Nomor 980 Tahun 2020.

“Jika kondisi rumah sesuai, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di wilayah atau Lurah akan mengeluarkan surat penetapan rumah tersebut sebagai lokasi isolasi terkendali. Lalu, rumah tersebut akan diberi tanda atau stiker sebagai tempat isolasi terkendali,” terangnya, pada Senin (9/11/2020).

Lebih lanjut, ia menjabarkan sejumlah kriteria sebuah rumah dapat dijadikan lokasi isolasi terkendali, antara lain:

-          Hanya dihuni oleh orang terkonfirmasi COVID-19 tanpa gejala atau bergejala ringan;

-          Lokasi ruang isolasi terpisah dengan penghuni lainnya;

-          Tersedia kamar mandi dalam;

-          Untuk peralatan makan, minum, dan peralatan pribadi lainnya yang digunakan oleh orang yang isolasi mandiri harus dicuci sabun / deterjen dan air limbah yang berasal dari cucian dibuang ke Saluran Pembuangan Air Limbah;

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas