Tribun

Meriahnya Gelaran Pekan Terakhir HUT ke-495 Kota Jakarta

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kata ‘Hajatan’ dipilih karena istilah tersebut kental dengan budaya Betawi.

Editor: Content Writer
zoom-in Meriahnya Gelaran Pekan Terakhir HUT ke-495 Kota Jakarta
Tribunnews.com/Dionisius Arya Bima Suci
Atraksi Marching Band IPDN saat Upacara HUT ke-495 Kota Jakarta di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2022) 

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR – Beragam acara digelar Pemprov DKI Jakarta untuk merayakan HUT ke-495 Kota Jakarta.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kata ‘Hajatan’ dipilih karena istilah tersebut kental dengan budaya Betawi.

Alasan penjenamaan ‘Jakarta Hajatan’ diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat membuka rangkaian acara peringatan HUT ke-495 Kota Jakarta di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, pada 24 Mei 2022 lalu.

“Hajatan itu istilah yang sangat Betawi. Ini adalah istilah masyarakat Betawi dan kalau hajatan langsung tahu pasti ada syukurannya, ada senangnya, doa perayaannya,” ucap Anies.

“Hajatan itu pasti semua orang datang, zaman dulu masih saling bantu untuk bisa hajatan berjalan dengan baik,” sambungnya.

Pada acara Jakarta Hajatan tahun ini, tema yang diusung ialah ‘Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi’.

“Hadirnya tema tersebut sebagai pesan optimisme, sekaligus bukti untuk seluruh elemen di kota maupun dunia, atas ragam usaha yang telah, sedang, dan akan terus dilakukan Jakarta ke depan, sekaligus merefleksikan kembali semangat kolaborasi yang sudah didengungkan selama lima tahun ke belakang,” ujar Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta, Andriyansyah.

Tema ini dipilih lantaran semangat kolaborasi merupakan identitas Kota Jakarta. Kemudian, akselerasi untuk mendorong semangat pertumbuhan guna menghadapi ragam isu global.

“Sedangkan elevasi untuk mewujudkan visi peningkatan pelayanan, pengembangan dan inovasi, serta prestasi bagi kota dan warga Jakarta pada skala nasional dan global,” kata Andriyansyah.

Pada pekan terakhir Jakarta Hajatan, ada delapan kegiatan yang dihadirkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas