Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wujudkan Jakarta Jadi Kota Global, Pj. Gubernur Heru Dorong Iklim Investasi Berkelanjutan

Guna mewujudkan Jakarta jadi Kota Global, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru mendorong iklim investasi yang berkelanjutan.

Editor: Content Writer
zoom-in Wujudkan Jakarta Jadi Kota Global, Pj. Gubernur Heru Dorong Iklim Investasi Berkelanjutan
Istimewa
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (tengah) bersama penerima Jakarta Investment Award (JIA) 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Pertumbuhan ekonomi Jakarta didorong oleh investasi yang terus meningkat. Sebagai pusat kegiatan ekonomi nasional, Jakarta menjadi destinasi prioritas bagi investasi asing (Foreign Direct Investment/FDI) maupun domestik (Domestic Direct Investment/DDI) di berbagai sektor. Pada 2023, kontribusi Jakarta terhadap pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 16,77 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Sepanjang 2023, realisasi investasi di Jakarta mencapai Rp 166,7 triliun, dengan rincian Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 95,2 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) Rp 71,5 triliun. Capaian ini menempatkan Jakarta sebagai provinsi dengan kontribusi investasi tertinggi kedua secara nasional.

Kementerian Investasi RI juga menyebutkan, hingga semester I 2024, Jakarta telah mencapai realisasi investasi sebesar Rp 120,4 triliun atau 60,6 persen dari target nasional. Angka ini juga menempatkan Jakarta sebagai provinsi dengan realisasi PMDN tertinggi secara nasional.




Menurut Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, investasi merupakan komponen penting untuk mewujudkan Jakarta sebagai pusat bisnis global. Hal ini dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian investasi yang sejalan dengan prinsip kemudahan layanan perizinan berusaha, sehingga dapat meningkatkan lebih banyak investasi di Jakarta.

“Investasi oleh para pelaku usaha di Jakarta telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian kota, khususnya dalam hal penyerapan tenaga kerja,” ungkap Heru di Rafles Hotel, Jakarta Selatan, pada Rabu (31/7/2024).

Sebagai bentuk apresiasi kepada para penanam modal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan penghargaan dalam acara Jakarta Investment Award (JIA) 2024 kepada para investor.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai apresiasi kepada para penanam modal yang telah berkontribusi terhadap perekonomian Jakarta, melaksanakan kewajiban, serta bertanggung jawab sesuai peraturan yang berlaku.

BERITA TERKAIT

Penyelenggaraan JIA 2024 ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hubungan antara pemerintah daerah dengan pelaku usaha, sehingga memotivasi pengusaha untuk terus meningkatkan produktivitasnya.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan, Pj. Gubernur Heru Targetkan 100 Persen Cakupan Layanan Air Perpipaan pada 2030

Pada ajang JIA 2024 tersebut, ada 16 kategori penghargaan dengan total pemenang berjumlah 50 perusahaan, yang terdiri dari PMDN, PMA, serta perwakilan negera asing asal PMA.

“Ada beberapa kriteria pemenang, seperti penyerapan tenaga kerja (terbanyak), nilai investasi terbesar, dan sebagainya,” ujar Heru.

Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Yuliot Tanjung turut mengapresiasi  JIA 2024. Ia menilai, Pemprov DKI telah berinovasi dalam menciptakan iklim investasi yang sehat di Jakarta. Hal ini terlihat dari cara menyusun peraturan, pelayanan birokrasi, hingga evaluasi agar tercipta keberlanjutan dalam iklim investasi.

"Kami melihat Jakarta telah melakukan inovasi dalam melayani, sekaligus mengevaluasi para investor, agar sektor-sektor bisa berkembang. Hal ini dapat dijalankan dengan baik dan merupakan bagian dari inovasi yang dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta dengan investor. Sehingga, dengan penghargaan (JIA) yang diberikan kepada pelaku usaha, akan memberikan kenyamanan dan apresiasi yang luar biasa kepada para investor yang telah menanam modal di Jakarta," ujar Wamen Yuliot.

Wakil Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Jaminan Sosial, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DKI Jakarta Nurjaman, yang menghadiri acara ini pun mengapresiasi inisitif penghargaan Pemprov DKI Jakarta kepada dunia usaha.

“Kami berharap besar kepada pemerintah DKI Jakarta untuk terus melakukan terobosan-terobosan baru, agar investasi di DKI Jakarta menjadi ramah investasi. Karena harapan besar Jakarta menjadi global city akan terus berkembang. Karena itu, perlu sinergi antara pemerintah dan dunia usaha serta stakeholder lain, untuk mengembangkan investasi di DKI Jakarta,” ujar Nurjaman.

Halaman
12

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas