Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Saatnya Anda Pindah Tempat Kerja Kalau Alami Tiga Masalah Ini

Anda sudah saatnya memutuskan pindah tempat kerja kalau mengalami tiga masalah karier berikut ini.

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Saatnya Anda Pindah Tempat Kerja Kalau Alami Tiga Masalah Ini
Nvbar.org

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Daniel Ngantung

TRIBUNNEWS.COM - Job-hopping adalah istilah yang ditujukan bagi orang yang senang berpindah-pindah tempat kerja. Biasanya istilah ini lekat pada kaum muda yang baru meniti karier namun sudah meninggalkan pekerjaannya dengan alasan tidak sesuai hasrat (passion) atau lingkungan pekerjaan yang tidak menyenangkan.

Di Indonesia sendiri, sebuah survei sebagaimana dikutip oleh PT Unilever Indonesia menyebut bahwa 60 persen dari generasi dewasa muda Indonesia yang baru meniti karier sudah pindah tempat kerja dalam waktu tiga tahun. Bahkan sepertiganya sudah berganti pekerjaan sebanyak dua kali atau lebih.

"Ini tidak salah. Tapi Anda harus evaluasi dulu kontribusi apa yang sudah Anda berikan untuk perusahaan sebelumnya. Jangan-jangan belum ada karena Anda tidak punya skill saking sibuk berpindah-pindah ke tempat bekerja lain," ujar René Suhardono, pembicara publik, saat peluncuran kampanye "Lipton PossibiliTEA: Embrace Possibilities for A Brighter Side of Life" di JCC, Jumat (27/9/2013)

Namun, René mengatakan ada beberapa hal yang bisa dijadikan indikasi kapan seseorang harus berpindah tempat bekerja:

- Apresiasi

Atasan tidak pernah memberi apresiasi atas prestasi-prestasi yang sudah Anda capai.

BERITA TERKAIT

"Tapi Anda juga harus belajar mengapresiasi orang lain. Mulailah dari hal-hal kecil, misal mengucapkan terima kasih pada orang yang telah membukakan pintu," ujar René

- Tidak ada kesempatan bertumbuh

"Sudah lima tahun bekerja di perusahaan yang sama, tapi Anda tidak diberi kesempatan untuk melakukan tantangan. Anda harus menghasilkan sebuah 'karya'," kata René.

- Significance

Anda harus merasa yakin bahwa Anda memiliki tujuan di tempat Anda bekerja. Jika tidak ada, mungkin itu saatnya Anda berpindah tempat kerja.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas