Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Jangan Sampai Kelezatan Daging Bebek Lenyap Karena Bau Amis, Begini Cara Menghilangkannya

Membuat hidangan bebek bebas dari bau amis tentu menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana cara menghilangkan bau amis pada daging bebek?

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Jangan Sampai Kelezatan Daging Bebek Lenyap Karena Bau Amis, Begini Cara Menghilangkannya
Istimewa
Daging bebek 

TRIBUNNEWS.COM - Pecinta hidangan bebek tentu sudah tak asing dengan menu bebek cabai ijo, bebek goreng kremes, atau bebek penyet.

Tapi, lezatnya bebek akan hilang saat ada aroma amis tercium.

Daging bebek memang tak banyak dijual di supermarket seperti layaknya daging ayam pada umumnya. Jika beruntung, kita bisa mendapatkan daging bebek yang sudah bersih dari bulu dan tinggal mengolahnya.

Membuat hidangan bebek bebas dari bau amis tentu menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana cara menghilangkan bau amis pada daging bebek?

* Cuci dengan jeruk.
Jeruk dapat diandalkan untuk mengusir bau amis pada ikan atau seafood. Jeruk juga dapat menghilangkan bau amis pada daging bebek atau ayam. Setelah bebek dipotong-potong, tambahkan perasan air jeruk nipis atau lemon ke dalamnya.

Balurkan sambil remas ke seluruh bagian daging bebek yang telah dipotong. Bilas dengan air bersih.

* Buang bagian tunggir.
Tunggir atau bagian pantat bebek yang banyak kandungan lemaknya adalah salah satu penyebab bau amis pada bebek. Cuci bersih bebek, kemudian potong dan buang bagian tunggirnya.

BERITA REKOMENDASI

* Rebus dengan rempah
Siapkan air mendidih yang telah dimasukkan daun salam, serai, daun jeruk, jahe, dan kunyit yang telah dihaluskan. Aroma rempah dan kunyit dapat menghilangkan bau amis pada daging bebek yang akan diolah nantinya.

* Panggang di atas arang.
Panggang bebek yang masih utuh di atas bara arang. Dengan posisi menggantung, letakkan bagian tunggir dekat dengan sumber panas bara. Pastikan bara arang tidak terlalu besar karena fungsinya untuk mengurangi lemak, bukan untuk mematangkannya.

Biarkan selama beberapa saat sampai lemak pada bebek luruh dan menetes keluar. Jangan lupa untuk tetap membuang bagian tunggirnya.

Mudah, bukan? Kini berbagai olahan dari daging bebek dapat langsung dicoba tanpa khawatir dengan aroma amisnya. (RPN/dari berbagai sumber)

Sumber: Sajian Sedap
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas