Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Bacaan Doa

Bacaan Ayat Kursi Surat Al-Baqarah Ayat 255, Berikut Isi Kandungannya

Ayat kursi adalah salah satu ayat yang terdapat dalam al-Quran, tepatnya Surat Al Baqarah ayat 255 dan merupakan ayat yang agung.

Bacaan Ayat Kursi Surat Al-Baqarah Ayat 255, Berikut Isi Kandungannya
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Ilustrasi membaca Al Qur'an. Berikut Bacaan Ayat Kursi Surat Al Baqarah Ayat 255, dan juga Isi Kandungannya. 

TRIBUNNEWS.COM - Ayat kursi adalah salah satu ayat yang terdapat dalam al-Quran, tepatnya Surat Al-Baqarah ayat 255.

Dinamakan ayat kursi karena di dalamnya terdapat kata “kursi”, yang menjelaskan mengenai kekuasaan Allah.

Dalam kitab Ayat kursi disebut sebagai ayat yang paling agung, sebagaimana hadis yang diriwayatkan dari Ubay bin Ka’ab.

Dalam jurnal Kandungan Ayat Kursi dengan Nilai-nilai Pendidikan Karakter karya Fajar Awaluddin, diterangkan bahwa penamaan Ayat Kursi ini bukan hasil dari ijtihad ulama, tetapi dari Rasulullah SAW sendiri.

Sebagaimana dalam satu riwayat dijelaskan bahwa ketika Rasulullah SAW ditanya oleh salah seorang sahabatnya tentang “ayat apa yang paling agung dari kitabullah?” beliau menjawab, “ayat kursi”, kemudian Rasulullah membaca ayat ini. (HR Ahmad).

Baca juga: Bacaan Surat Al-Hasyr ayat 21-24: Latin, Arab, Terjemahan dan Tafsir

Baca juga: Bacaan Surat Al Luqman Ayat 12-19, Berisi tentang Nasihat Bersyukur hingga Berbakti Kepada Orang Tua

Berikut bacaan Ayat Kursi, Al Baqarah ayat 255, dikutip quran.kemenag.go.id

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ - ٢٥٥

“Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamawati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Artinya: Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.

Baca juga: Jenis-jenis Najis dan Cara Mensucikannya: Mukhaffafah hingga Mughallazhah

Baca juga: Tata Cara Wudhu: Niat, Rukun, Sunah, serta Doa yang Dibaca Setelah Wudhu

Kandungan Ayat Kursi

Dalam Tafsir Ayat Kursi karya Dr. Amin bin Abdullah asy-Syaqawi, diterangkan bebeberapa pelajaran dari Ayar Kursi ini.

Pertama, tentang ayat yang paling agung di dalam Al Quran seperti diriwayatkan oleh Muslim di dalam kitab shahihnya dari Ubai bin Ka’ab radhiallhu ‘anhu.

Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam bersabda, “Wahai Abu Munzir, apakah engkau mengetahui sebuah ayat yang paling agung di dalam Al-Qur’an?. Aku berkata: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia berkata: Maka Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam menepuk dadaku dan berkata, “Selamat dengan ilmu yang engkau miliki wahai Abu Munzdir”.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas