Tribun Lifestyle

Virus Corona

Hidup Sehat di Masa Pandemi, Apa yang Harus Dilakukan?

Harus mempersiapkan diri hidup berdampingan dengan Covid-19 saat kembali beraktivitas. Selain terapkan prokes, penting menjaga kesehatan.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
Hidup Sehat di Masa Pandemi, Apa yang Harus Dilakukan?
TRIBUN JATENG /HERMAWAN HANDAKA
Ilustrasi berolahraga. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 memang masih berlangsung, namun angka kematian yang disebabkan virus ini kini kian mengalami penurunan.

Saat ini, beberapa wilayah di Indonesia bahkan telah melakukan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Ini tentunya menjadi sinyal bagi banyak orang untuk mempersiapkan diri hidup berdampingan dengan Covid-19 dan kembali beraktivitas seperti sebelum masa pandemi, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Lalu apa saja yang bisa diterapkan dalam menjaga kesehatan tubuh selama hidup berdampingan dengan Covid-19 ini?
 
1. Jaga kebugaran tubuh

Membiarkan tubuh untuk banyak berdiam diri dan tidak banyak melakukan aktivitas selama menjalani momen kerja dari rumah atau Work From Home (WFH), tentu saja dapat menghambat metabolisme tubuh.

ilustrasi olahraga bersama.(nd3000)
ilustrasi olahraga bersama.(nd3000) ((nd3000))

Tubuh pun akan terasa kurang bugar, terlebih pola hidup yang selama ini diterapkan pun tidak sehat.

Saat di rumah, aktivitas dalam mengkonsumsi makanan pun cenderung menjadi lebih sering, karena didukung kemudahan akses layanan pesan antar makanan secara online.

Namun hal ini justru dapat menimbulkan sederet dampak buruk, mulai dari berat badan semakin bertambah yang memicu obesitas, kehilangan massa otot, hingga melemahnya jantung dan paru-paru.

Kondisi seperti ini tentunya akan membuat tubuh merasa lebih cepat lelah, sehingga berdampak pada terhambatnya aktivitas dan mobilitas, produktivitas pun dapat berkurang.

Baca juga: Tips Sehat Hadapi Stres di Masa Pandemi Covid-19: Olahraga Rutin dan Meditasi

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas