Tribun Lifestyle

Kreasi Siswi SMK di Kudus yang Usung Tradisi Luwur Menyita Perhatian

Bernaung dalam brand fashion, Zelmira, ide-ide kreatif para siswi itu mengusung tradisi ‘Luwur’ sebagai tema dalam eksibisi kali ini

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Eko Sutriyanto
Kreasi Siswi SMK di Kudus yang Usung Tradisi Luwur Menyita Perhatian
HandOut/IST
Koleksi terbaru Siswi SMK NU Banat Kudus, Jawa Tengah, yang mengusung tradisi Luwur, tampil memukau di Jogja Fashion Week 2021 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasiolan Eko P 

TRIBUNNEWS.COM YOGYAKARTA – Bakat-bakat di dunia fesyen tanah air muncul di gelaran Runway Jogja Fashion Week 2021.

Pada acara pergelaran fashion show bergengsi tersebut, kreasi para siswi SMK NU Banat, Kudus, Jawa Tengah, menyita perhatian para fashionista yang hadir.

Bernaung dalam brand fashion, Zelmira, ide-ide kreatif para siswi itu mengusung tradisi ‘Luwur’ sebagai tema dalam eksibisi kali ini.

Sejatinya, Luwur merupakan tradisi turun-temurun di Kudus yang merujuk pada sebuah kegiatan tahunan membuka dan mengganti kain kelambu pembungkus nisan dan cungkup makam Sunan Kudus.

Biasanya, prosesi tersebut dilakukan setiap tanggal 10 Muharram dalam kalender Hijriyah.

Baca juga: 2 Perampok Sadis yang Sering Beraksi di Kudus Ditangkap

Tradisi ini merupakan bentuk penghormatan atas jasa-jasa yang telah dilakukan Sunan Kudus bagi penduduk sekitar.

Kearifan tersebut diterjemahkan oleh para siswi SMK NU Banat Kudus menjadi delapan looks formal dan kasual yang dipamerkan dalam Jogja Fashion Week 2021.

Menariknya, mereka hanya memiliki waktu 14 hari dalam meracik ide, menciptakan sketsa desain serta membuat motif sendiri pada kain yang akan dipakai hingga pakaian tersebut siap di pamerkan di Jogja Fashion Week 2021 ini.

“Seluruh motif yang ada pada kain di koleksi terbaru ini, kami yang buat, bukan dari kain yang sudah ada lalu kami jahit. Tapi kami ciptakan dan kami cetak sendiri dengan tujuan agar motif dan desain dari pakaian tersebut lebih menyatu dan berkelas,” tutur Najla Mufida Azmi, siswi SMK NU Banat yang tergabung sebagai tim desainer Zelmira pada Jogja Fashion Week 2021.

Baca juga: 5 Gaya Fashion Jaman Dulu yang Akan Kembali Jadi Tren di Tahun 2022

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas