Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Resep Pancake Pink Susu Kental Manis, Spesial untuk Si Dia!

Susu kental manis adalah bahan sederhana yang bisa dikreasikan sebagai menu sarapan yang lezat.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Resep Pancake Pink Susu Kental Manis, Spesial untuk Si Dia!
Shutterstock
Ilustrasi membuat pancake sebagai menu sarapan dengan susu kental manis. 

TRIBUNNEWS.COM - Susu kental manis adalah bahan sederhana yang bisa dikreasikan sebagai menu sarapan yang lezat. Kamu bisa membuatkan sarapan  untuk pasangan sebagai tanda cinta untuknya di hari kasih sayang.

Salah satu ide sarapan yang bisa kamu buat untuk orang tersayang adalah Pancake Pink Susu Kental Manis yang nikmat. Terlebih, susu kental manis adalah bahan yang mudah didapat di mana saja, tersedia dalam berbagai kemasan dan ukuran, serta terjangkau harganya.

Sarapan adalah waktu makan yang tidak boleh dilewatkan untuk memulai aktivitas setiap harinya. Maka itu, menghidangkan menu sarapan dengan bahan yang lezat seperti susu kental manis akan jadi gestur sederhana yang penuh kasih sayang untuk si dia.

Tak hanya sebagai sumber energi, sarapan dengan kreasi resep lezat dari susu kental manis juga dapat membantu meningkatkan suasana hati, menambah konsentrasi, hingga mengontrol nafsu makan.

Sebagai jenis bahan makanan serbaguna, susu kental manis pun bisa memberikan rasa yang berbeda dalam masakanmu. Rasa gurih dari menu sarapan untuk orang tersayang pun akan terasa lebih nikmat.

Sejarah susu kental manis

Ilustrasi susu kental manis.
Ilustrasi susu kental manis. (Shutterstock)

Susu kental manis merupakan bahan makanan yang mudah diolah dan dapat dicampurkan dengan bahan makanan lainnya. Berdasarkan Perka BPOM Regulasi No. 21/2016, susu kental manis merupakan produk susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

BERITA TERKAIT

Meski sudah dikenal masyarakat dari generasi ke generasi, masih banyak masyarakat yang belum tahu sejarah susu kental manis yang ternyata memiliki perjalanan sejarah yang panjang.

Susu kental manis diproduksi pertama kali pada awal abad ke-19 melalui proses penguapan susu dengan tekanan rendah yang kemudian ditambahkan gula. Fungsi penambahan gula pada proses pembuatan susu kental manis adalah sebagai pengawet alami dan menjaga tekstur kental.

Melansir artikel Kompas 17 Juli 2021, sejarawan makanan dari Universitas Padjajaran, Fadly Rahman, menjelaskan bahwa pada awal abad ke-19, susu kental manis merupakan solusi dari permasalahan susu segar yang tidak memiliki umur simpan lama dan cepat basi karena tidak adanya teknologi pendingin seperti sekarang.

Fadly menjelaskan, pada 1820, Nicolas Appert, seorang penemu dari Perancis, terobsesi menemukan cara untuk mengawetkan makanan, hingga akhirnya ia sukses mengawetkan susu kental di dalam botol.

Selain Appert, pria asal Amerika Serikat bernama Gail Borden Jr. berhasil membuat susu kental manis pada tahun 1853 karena anak-anaknya meninggal akibat kualitas susu yang buruk saat itu.

Tiga tahun kemudian, Borden membuat dan mengembangkan sebuah alat yang berbentuk ketel tembaga yang dapat membuat susu mengental. Dengan alat inilah ia mampu mematenkan proses penguapan susu dengan tekanan rendah. Inovasi Borden saat itu mendapat hak paten dan disebut juga sebagai panci hampa udara oleh masyarakat.

Selanjutnya, pada tahun 1884, John B Meyenberg berhasil proses sterilisasi susu kental manis dalam kemasan kaleng yang pertama. Pada saat itulah, susu kental manis dalam kemasan kaleng dipatenkan dan bertahan sampai sekarang.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas