Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Cek Kesehatan Kulit Secara Berkala, Penting agar Terhindar dari Kanker Kulit

Kesehatan kulit semakin penting untuk diperhatikan seiring dengan tingginya polusi udara.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
zoom-in Cek Kesehatan Kulit Secara Berkala, Penting agar Terhindar dari Kanker Kulit
Pexels
Ilustrasi perawatan kulit. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kesehatan kulit semakin penting untuk diperhatikan seiring dengan tingginya polusi udara.

Terlebih lagi teruntuk para wanita yang banyak beraktivitas di luar ruangan dan hidup di kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta.

Dokter spesialis kulit asal India Rinky Kapoor mengatakan, kulit memiliki kemampuan yang terbatas untuk menahan tekanan lingkungan dari luar seperti polusi udara.

Baca juga: Selain Jerawat, Eksim dan Psoriasis Masalah Kulit yang Perlu Perhatian, Bagaimana Mengatasinya?  

“Kulit kita adalah organ terbesar yang berinteraksi dengan atmosfer luar, sementara kulit kita adalah penghalang fisik dan kimia yang kuat terhadap faktor lingkungan, sangat penting untuk diingat bahwa kemampuannya terbatas," kata Rinki Kapoor dalam keterangannya, Rabu (7/9/2022).

Saat terkena tekanan lingkungan seperti polusi udara, kata dia maka fungsi penghalang kulit akan terganggu dan menyebabkan berbagai masalah kulit.

Hal ini sudah sepatutnya mendapat perhatian publik, lantaran polusi udara yang menekan kulit akan mengakibatkan berbagai masalah terhadap kulit.

BERITA REKOMENDASI

Berbagai masalah kulit ini mulai dari dampak-dampak kecil namun bisa juga hingga kanker kulit yang parah.

Mendasar dari hal tersebut, melakukan cek kesehatan untuk mengetahui kondisi kulit secara berkala penting untuk dilakukan.

Melakukan cek kulit akan membantu memahami masalah pada kulit semenjak dini, dan menentukan langkah yang harus dilakukan agar masalah kulit tidak berdampak besar.

Langkah pertama yang paling tepat untuk mengetahui kondisi kulit adalah dengan melakukan konsultasi kepada dokter.

Namun, tak jarang juga masyarakat enggan untuk melakukan konsultasi kulit karena terkendala biaya konsultasi yang cukup mahal.

Fakta ini mendorong dr Kamila Jaidi yang merupakan Dokter Estetika pendiri H&H Skincare dan H&H Aesthetic Clinic bersama dengan tim dokter H&H Skincare memberikan konsultasi kulit dan kecantikan secara gratis.

Layanan yang ditawarkan oleh Dokter Kamila dan tim dokter H&H ini berbasis online melalui aplikasi TikTok secara live, dan tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Mereka juga mengusung teknologi terbaru untuk melakukan pengecekan permasalahan kulit yang diderita oleh pasien berdasarkan 4 jenis tipe kulit yang berbeda, yakni kering, berminyak, kombinasi dan sensitif.

Oleh karena itu, diagnosa yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap pengobatan dan perawatan terhadap kulit.

"Kami menghadirkan fitur gratis “Yuk Kenali Kulitmu” yang mana akan melalui beberapa tahapan praktek untuk mengetahui jenis kulit," kata Kamila Jaidi.

Ia menambahkan, penggunaan dosis secara asal-asalan mengakibatkan dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan, bahkan dapat menyebabkan kondisi kulit jauh lebih parah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas