Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Pico Laser Masih Jadi Trend Kecantikan Global, Apa Itu Pico Laser?

Penggunaan pico laser dalam dermatologi pada awalnya difokuskan untuk mengoptimalkan penghapusan tato yang tidak diinginkan.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pico Laser Masih Jadi Trend Kecantikan Global, Apa Itu Pico Laser?
Tribunnews/Fitri Wulandari
Dokter Kecantikan sekaligus Pemilik Ekle's Clinic, dr. Eklendro Senduk, D. AAAM, M.Kes., atau akrab disapa dr. Ekles (kanan) bersama artis Cut Tari (kiri) di sela peluncuran Ekle's Clinic di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (29/4/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini nyaris setiap wanita mendambakan kulit yang glowing dan sehat untuk menunjang penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri.

Sebagian di antara mereka ada yang merasa tidak percaya diri karena memiliki berbagai permasalahan kulit, mulai dari bekas jerawat hingga penuaan (aging) pada kulit.

Baca juga: Hadirkan Riasan Bibir Baru, Tisha Ajak Perempuan Indonesia Pancarkan Kecantikan

Ada banyak teknologi yang kini digunakan dalam treatment di dunia kecantikan, termasuk pico laser yang telah menjadi tren global dalam beberapa tahun terakhir.

Lalu apa itu pico laser treatment?

Dikutip dari laman National Institutes of Health, Minggu (30/4/2023), menurut artikel yang dipublikasikan melalui PubMed pada 2021, penggunaan pico laser dalam dermatologi pada awalnya difokuskan untuk mengoptimalkan penghapusan tato yang tidak diinginkan.

Namun kemajuan selanjutnya dalam teknologi ini telah memperluas indikasi klinisnya untuk mencakup pengobatan lesi berpigmen jinak, photodamage, melasma, dan revisi bekas luka.

BERITA TERKAIT

Dalam tinjauan sistematis ini, rekomendasi berbasis bukti dikembangkan untuk penggunaan pico laser dalam dermatologi.

Perlu diketahui, pico laser adalah teknologi yang dihadirkan melalui peralatan yang digunakan dalam industri dermatologi kosmetik.

Teknologi ini sebenarnya untuk memperbaiki permasalahan kulit apapun dalam sesi perawatan kulit laser non-invasif yang dilakukan dengan cara non-bedah.

Baca juga: 4 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Kulit, Bisa Meredakan Kemerahan

Perawatan ini dapat memastikan bahwa 'kelemahan konvensional dan efek samping dari perawatan kulit' tidak muncul seiring bertambahnya usia anda.

Berbagai permasalahan kulit seperti stretch mark, tato, jaringan parut jerawat, bintik-bintik, tanda lahir, penghapusan pigmentasi melisma, kerusakan akibat sinar matahari, menghaluskan kerutan, dan masalah kulit lainnya pun dapat dihilangkan secara cepat dengan teknologi mutakhir ini.

Tidak seperti perawatan kulit laser pada umumnya, pico laser dapat digunakan pada seluruh tubuh dan semua jenis kulit.

Dokter Kecantikan sekaligus Pemilik Ekle's Clinic, dr Eklendro Senduk D. AAAM, M.Kes., atau akrab disapa dr Ekles mengatakan bahwa teknologi ini tidak terbatas pada jenis kulit tertentu, sehingga siapapun bisa menjalani treatment ini.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas