Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Tak Hanya Baik untuk Tubuh, Lactobacillus dan Milk Protein Punya Segudang Manfaat untuk Kulit

Niacinamide, lactobacillus dan milk protein ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Tak Hanya Baik untuk Tubuh, Lactobacillus dan Milk Protein Punya Segudang Manfaat untuk Kulit
freepik
ilustrasi lotion 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Niacinamide, Lactobacillus dan milk protein ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Anda mungkin pernah melihat serum niacinamide beredar dalam video di platform TikTok sebagai salah satu tren baru paling populer dalam perawatan kulit, baik wajah hingga tubuh.

Nutrisi multitasking ini ternyata memiliki manfaat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit melebihi apa yang anda kira.

Dokter Spesialis Kulit, Dr. Alok Vij, MD mengatakan bahwa niacinamide bahkan dapat mengurangi jerawat hingga memperbaiki kondisi kulit eksim.

"Niacinamide adalah salah satu bahan yang ditemukan di banyak produk perawatan kulit untuk mencerahkan kulit, mencegah tanda penuaan, dan mengobati kondisi seperti eksim atau jerawat. Niacinamide sudah ada selama bertahun-tahun dan memiliki daya tahan yang memberikan dampak positif pada banyak kondisi kulit," kata Dr. Vij.

Lalu apa itu niacinamide?

BERITA TERKAIT

Dikutip dari laman health.clevelandclinic.org, Rabu (9/8/2023), niacinamide adalah sejenis vitamin B3, salah satu dari delapan vitamin B yang mendukung banyak aspek kesehatan anda.

Tubuh anda membuat niacinamide saat anda memiliki terlalu banyak niacin di tubuh.

Bahkan tubuh juga dapat mengubah asam amino yang disebut triptofan menjadi niacinamide.

Niacinamide merupakan bahan perawatan kulit multiguna yang dapat membantu membangun keratin, protein yang menjaga kesehatan kulit, zat ini juga terbukti membuat kulit menjadi lebih kuat, halus dan cerah.

"Niacinamide digunakan untuk mengobati jerawat dan dapat membantu menutrisi dan melindungi kulit anda, terutama jika digunakan dengan produk lain seperti retinol. Ini adalah nutrisi ampuh yang jarang memiliki efek samping," jelas Dr. Vij.

Apa saja manfaat niacinamide?

1. Tingkatkan hidrasi

Niacinamide dapat meningkatkan fungsi penghalang lipid kulit (lapisan air dan minyak yang melindungi kulit), membantu mengunci kelembaban dan mencegah polutan atau potensi iritasi lainnya, membuat kulit menjadi lebih terhidrasi dan mengurangi sensitif.

2. Meredakan peradangan

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas