Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Melihat Keseruan Memasak Anak Disabilitas, Srikandi Pintar Berkolaborasi dengan Sajian Sedap

anak perempuan berkebutuhan khusus tersebut tampak antusias dan bersemangat membuat menu pangsit goreng sosis dalam acara demo masak

Penulis: Erik S
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Melihat Keseruan Memasak Anak Disabilitas, Srikandi Pintar Berkolaborasi dengan Sajian Sedap
Istimewa
Melihat Keseruan Memasak Anak Disabilitas 

Laporan Wartawan Tribunnews, Erik Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Caca tampak asyik mengaduk-aduk campuran telur, wortel, tepung terigu, dan bahan lainnya di dalam wadah adonan berukuran sedang.

Sementara di sebelahnya, Ata dan Jessica terlihat fokus menyusun helaian pangsit menjadi seperti perahu.

Kemudian, dengan perlahan-lahan ketiganya bekerja sama memasukkan hasil adonan ke dalam pangsit berbentuk perahu tersebut.

Ketiga anak perempuan berkebutuhan khusus tersebut tampak antusias dan bersemangat membuat menu pangsit goreng sosis dalam acara demo masak yang diselenggarakan Srikandi Pintar Indonesia dan Sajian Sejap di Gedung Dewan Nasional Indonesia Untuk Kesejahteraan (DNIKS), Jakarta, Sabtu (14/10/2023).

Demo masak tersebut menjadi salah satu rangkaian dari kegiatan pelatihan konten kreator yang diikuti oleh anak-anak disabilitas beserta orangtuanya.

Adapun pendaftar kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh sekitar 40-an anak berkebutuhan khusus dengan didampingi orangtuanya masing-masing.

BERITA TERKAIT

Pada sesi demo masak tersebut, founder Srikandi Pintar Indonesia, RA Loretta Kartikasari didampingi pendemo masak Sajian Sedap Resi Listiani membuat menu pangsit goreng sosis. Beberapa anak disabilitas peserta pelatihan konten kreator ikut serta mengolah menu yang akan dibuat.

Sang pendemo masak menjelaskan bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat menu pangsit goreng sosis tersebut. Di antaranya, pangsit, wortel, sosis sapi atau ayam, daun bawang, telur, maizena, tepung terigu, garam, merica bubuk, kaldu dan air. 

“Proses memasaknya gampang banget. Bahan-bahan tinggal dimasukkan ke dalam wadah. Telur diaduk sampai rata, lalu dimasukkan garam, merica bubuk, daun bawang, wortel. Selain wortel, bisa juga ditambahkan brokoli atau buncis,” jelasnya.

Selanjutnya, bahan yang dicampurkan adalah sosis atau bisa diganti dengan daging ayam yang dipotong-potong. Kemudian, ditambahkan maizena dan tepung terigu, kaldu jamur dan air.

“Tinggal diaduk sampai rata,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, anak berkebutuhan khusus membantu pendemo masak mengaduk adonan di dalam wadah berukuran sedang. Sementara, anak-anak lainnya membantu membentuk pangsit seperti perahu.

Sang pendemo masak mengajarkan mereka cara membentuk pangsit menjadi seperti perahu. Selanjutnya, pangsit itu diisi dengan bahan yang sudah diaduk di dalam wadah adonan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas