Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Amankah Susu Kental Manis untuk Bumil? Ini Jawabannya

Apakah benar susu kental manis bukan susu dan bolehkah dikonsumsi oleh ibu hamil? Ketahui faktanya di sini

Penulis: Nurfina Fitri Melina
Editor: Anniza Kemala
zoom-in Amankah Susu Kental Manis untuk Bumil? Ini Jawabannya
Shutterstock
Mengingat anggapan bahwa susu kental manis bukan susu adalah hal yang keliru, bolehkan ibu hamil konsumsi susu kental manis? Tentu saja, jawabannya boleh.  

TRIBUNNEWS.COM - Bolehkah ibu hamil mengonsumsi susu kental manis? Dengan masih adanya anggapan bahwa susu kental manis bukan susu, tentu banyak yang ragu akan keamanan mengonsumsi susu kental manis bagi ibu hamil.

Perlu diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menegaskan bahwa susu kental manis adalah produk yang mengandung susu dan termasuk dalam kategori susu. 

Selain itu, merujuk Peraturan Kepala (Perka) BPOM 21/2016 dan Codex Alimentarius Commission (CAC), susu kental manis adalah produk susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Maka dari itu, anggapan susu kental manis bukan susu merupakan hal yang keliru. Terlebih, dalam setiap saset susu kental manis terdapat kandungan kalori rata-rata berjumlah 130 kkal yang dilengkapi dengan zat gizi makro dan mikro.

Jika melihat sejarah pembuatannya, kita pun bisa mengetahui  bahwa anggapan susu kental manis bukan susu tidaklah sesuai fakta. Produk susu ini mulai dikenal masyarakat dunia pertama kalinya berkat seorang pria asal Amerika Serikat bernama Gail Borden yang pada  31 Januari 1851 lampau memperkenalkan alat yang dikenal sebagai panci hampa udara. 

Alat buatan Borden tersebut ternyata mampu membuat susu jadi mengental dan mudah dikonsumsi dalam kondisi apapun.

Nah, dengan panci hampa udara buatannya, Borden merebus susu pada suhu di atas 100 derajat celcius hingga akhirnya menjadi kental, terasa nikmat, dan yang paling penting, bisa dikonsumsi dalam jangka waktu lama. 

BERITA REKOMENDASI

Di Indonesia, menurut catatan Kementerian Perindustrian distribusi produk susu kental manis sudah dimulai pada tahun 1873 dan hanya dikonsumsi terbatas oleh para tentara Belanda di Indonesia.

Namun seiring perkembangan zaman, produk susu tersebut kini bisa dikonsumsi oleh siapa saja dan sebagai bahan serbaguna untuk melengkapi berbagai kreasi resep sarapan.

Cara aman konsumsi susu kental manis bagi bumil

Mengingat anggapan bahwa susu kental manis bukan susu adalah hal yang keliru, bolehkan ibu hamil konsumsi susu kental manis? Tentu saja, jawabannya boleh. 

dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter menjelaskan bahwa ibu hamil boleh mengonsumsi susu kental manis asalkan tidak rutin dan berlebihan. 

Perlu diingat juga, meskipun kalorinya dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori harian, susu kental manis bukanlah satu-satunya sumber gizi untuk memenuhi kebutuhan energi. Ibu hamil juga tetap harus mengonsumsi makanan bergizi serta mengonsumsi susu khusus ibu hamil untuk melengkapi nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, sejalan dengan anjuran BPOM, dr. Dyah juga menganjurkan menganjurkan agar Ibu hamil mengonsumsi susu kental manis sebagai bahan pelengkap makanan atau sarapan untuk meningkatkan energi, misalnya dijadikan sebagai topping, pelengkap, atau bahan campuran makanan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas