Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Iklim Tropis Indonesia dan Kelembaban yang Tinggi Berdampak pada Kesehatan Kucing

Kepemilikan kucing oleh publik Indonesia mencapai 47 persen yang sejalan riset ini sejalan dengan temuan jajak pendapat Litbang Kompas pada Januari 20

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
zoom-in Iklim Tropis Indonesia dan Kelembaban yang Tinggi Berdampak pada Kesehatan Kucing
fre
ilustrasi kucing - Berdasarkan survei internal yang dilakukan di klinik hewan Indonesia, penyakit kulit bulu dan saluran kencing menjadi penyakit yang sering dialami kucing. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memiliki hewan peliharaan menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan dan juga menyehatkan.

Dari jenisnya, hewan peliharaan yang paling banyak dipunyai publik Indonesia ialah kucing, kemudian diikuti burung, ikan, dan anjing.




Berdasarkan hasil survei, kepemilikan kucing oleh publik Indonesia mencapai 47 persen yang sejalan riset ini sejalan dengan temuan jajak pendapat Litbang Kompas pada Januari 2020.

Baca juga: Punya Hewan Peliharaan, Raisa: Harus Siap Komitmen, Jangan Cuma Pengin Lucunya Doang

Kucing  mempunyai tingkah laku yang menggemaskan dan penampilannya yang lucu menjadi daya tarik hewan ini untuk dipelihara.

Bahkan banyak influencer yang memelihara dan mengadopsi kucing domestik menjadi kucing yang sangat lucu dan terawat.

Menurut International Federation for Animal Health Europe (IFAH), populasi kucing domestik di seluruh dunia terdapat sekitar 220 juta ekor.

BERITA TERKAIT

Selain menjadi hewan peliharaan di rumah, pet owner yang hobi berjalan sambil mengajak anabul ke tempat perbelanjaan seperti mall juga menjadi tren saat ini.

"Juga makin banyak mall pet friendly yang menyediakan fasilitas seperti area taman terbuka untuk anabul diajak jalan-jalan," kata Owner Bridge PetCare, Jerry Xu di sela-sela peluncuran series terbaru Daily Care dengan tiga produk yaitu Nature Bridge Hair & Skin, Urinary, dan Mother & Baby di Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Fakta ini  menjadi bukti bahwa pertumbuhan pet lover Indonesia meningkat sehingga usaha pet shop menjadi peluang yang menjanjikan dengan semakin meningkatnya pet lover di Indonesia.

Namun di sisi lain, kucing terkadang menghadapi masalah kesehatan.

Baca juga: Pertama Kali Hewan Peliharaan Jepang Korban Bencana Dirawat Pemda Setempat

"Apalagi dengan kondisi iklim tropis dan kelembapan yang tinggi di Indonesia, ditambah dengan karakteristik kucing yang tidak suka minum bisa memicu gangguan kesehatan kucing," kata Jerry.

Dikatakannya, berdasarkan survei internal yang dilakukan di klinik hewan Indonesia, penyakit kulit bulu dan saluran kencing menjadi penyakit yang sering dialami kucing.

Ini pula yang mendorong NatureBridge memperkenalkan series terbaru Daily Care, functional daily pet food yang menggunakan teknologi freeze dried melalui proses pembekuan daging asli di suhu -380C selama 26 jam.

“Kami berharap berharap para pet owner dan hewan kesayangannya dapat hidup lebih sehat, bahagia, dan menua bersama,” tegas Jerry.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas