Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Menghapus Tato Warna Hitam Lebih Mudah Ketimbang Warna Merah, Kuning dan Hijau

Bagi mereka yang ingin menghilangkan tato yang sudah terlukis di salah satu bagian anggota tubuh perlu proses yang cukup lama dan rumit.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: willy Widianto
zoom-in Menghapus Tato Warna Hitam Lebih Mudah Ketimbang Warna Merah, Kuning dan Hijau
AFP/PETER PARKS
Seorang pria memamerkan tatonya di Konvensi Tato Internasional Hong Kong China ke-7 di Hong Kong pada 27 Agustus 2023. (Photo by Peter PARKS / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dikenal sebagai seni melukis tubuh, tato masih menjadi tren bagi sebagian masyarakat. Meski proses membuatnya cukup menyakitkan, akan tetapi masih banyak masyarakat mengukir salah satu bagian anggota tubuhnya dengan tato yang indah.

Baca juga: Mayat Pria Ditemukan Mengapung di Perairan Kepulauan Seribu, Ada Tato Pedang di Tangannya

Tato juga cukup sulit dihilangkan, Bagi mereka yang ingin menghilangkan tato yang sudah terlukis di salah satu bagian anggota tubuh perlu proses yang cukup lama dan rumit.

Dokter Spesialis Dermatologi dan Venereologi dan Estetika dr. A. Rendy Laksditalia Alfonsus N, Sp.DVE mengungkapkan jika waktu proses penghilangan tato beragam. Salah satu yang mempengaruhi durasi proses penghapusan tato adalah warna.

Baca juga: Tentara Myanmar membakar tato dan memberikan urine kepada para tahanan untuk diminum




"Banyak banget susah-susah. Rata-rata paling gampang memang yang hitam dan hijau. Dari pengalaman klinik saya ya kalau hitam dan hijau saja Itu biasanya tato-tato sederhana. Itu tiga sampai lima kali (laser) bisa hilang," ujarnya saat ditemui di bilangan Jakarta, Senin (16/9/2024).

Baca juga: XTC Ungkap Sempat Sebut Aditya Terpidana Kasus Vina Cirebon Sebagai Anggota Karena Tato Lebah

Namun, ada juga warna-warna tato yang sulit dihilangkan sehingga butuh proses tidak sebentar untuk menghapusnya. "Nah kalau dia ada warna merah, kuning, hijau atau turkish, itu pastinya perlu waktu yang lebih sering (laser), Biasanya untuk penanggulangan tato seperti ini butuh waktu lama, yaitu sekitar 4 sampai 6 minggu," katanya.

Pasien yang hendak menghapus tato juga harus bolak-balik untuk dilakukan evaluasi.  "Kadang-kadang kita lihat dulu juga penyembuhannya. Kalau healing prosesnya kurang baik, kita mungkin bisa mundur juga (waktunya). Makanya sebelum lakukan tindakan penting berkonsultasi dulu," tutupnya.

Baca juga: Video Pegi Cianjur Akhirnya Ngaku Punya Tato Bergambar Seram, Disebut Mirip Ciri-ciri DPO

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas