Tribun

Pemilu 2024

PB PMII Soroti Politik Uang, Dana Kampanye dan TPPU saat Sambangi Kantor KPK

di Pemilu 2024, PB PMII akan berkonsentrasi memantau dana kampanye, sumber keuangan parpol, pembiayaan politik, dan TPPU yang melahirkan politik uang

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in PB PMII Soroti Politik Uang, Dana Kampanye dan TPPU saat Sambangi Kantor KPK
dok PB PMII
Pemantau Pemilu PB PMII menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, di kawasan Kuningan, Jakarta pada Senin (12/09/2022). Dalam kesempatan tersebut Koordinator Nasional Pemantau Pemilu PB PMII, Hasnu mengatakan, pada pemilu 2024 mendatang, pihaknya akan berkonsentrasi memantau dana kampanye, sumber keuangan parpol, pembiayaan politik, dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang melahirkan politik uang (money politic). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) menyatakan telah diresmikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menjadi lembaga Pemantau Pemilu tahun 2024 sejak 4 Agustus 2022.

Pemantau Pemilu PB PMII menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, di kawasan Kuningan, Jakarta pada Senin (12/09/2022).

Koordinator Nasional Pemantau Pemilu PB PMII, Hasnu mengatakan, pada pemilu 2024 mendatang, pihaknya akan berkonsentrasi memantau dana kampanye, sumber keuangan parpol, pembiayaan politik, dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang melahirkan politik uang (money politic).

"Biaya politik yang sangat mahal menjadi trigger bagi peserta pemilu (parpol/politisi) melakukan praktek korupsi, ijon politik, dibiayai oleh pengusaha seperti sektor energi, tambang dan batu bara, pengusaha infrastruktur jalan, pengusaha nikel, pengusaha sawit, pengusaha ekspor/impor," ujar Hasnu dalam keterangannya.

Hasnu mengatakan PB PMII akan mengawal program politik cerdas berintegritas (PCB) yang digagas KPK.

"Program PCB memiliki tujuan yang jelas yakni untuk membentuk kader-kader partai yang berintegritas sebagai perwakilan rakyat, baik sebagai anggota DPRD, kepala daerah, maupun Presiden dan DPR RI," beber Hasnu.

Baca juga: VIDEO Soal Tuduhan KPU Langgar Aturan Pemilu 2024, Bawaslu Tolak Laporan Partai Pelita & Partai IBU

Hasnu melanjutkan, dalam kerja-kerja pemantaun, PB PMII menggunakan 2 perspektif; pemantaun menyeluruh dan pemantauan spesifik seperti politik uang.

Kehadiran Pemantau Pemilu PB PMII diterima oleh Wuryono Prakoso, Kasatgas Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK RI dan Johnson Ridwan Ginting, Kasatgas Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI.

Kasatgas Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI mengatakan, konsentrasi isu PB PMII sangat relevan dengan arah pemberantasan korupsi KPK RI.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas