Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selain Pilpres 2024, Pengamat Nilai Ridwan Kamil Bakal Gabung Golkar untuk Persiapan Pilgub DKI

Sinyal kuat bergabungnya Ridwan Kamil ke Golkar bukan hanya terlibat dalam Pilpres, tapi juga persiapan menjelang Pilkada DKI mendatang

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Selain Pilpres 2024, Pengamat Nilai Ridwan Kamil Bakal Gabung Golkar untuk Persiapan Pilgub DKI
Tribunnews.com/ Naufal Lanten
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi keterangan setelah menghadiri perayaan puncak HUT ke-58 Golkaryang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2022). Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS) ini menambahkan, kehadiran Ridwan Kamil di HUT Golkar kemarin menunjukkan bahwa dirinya ingin terlibat dalam Pilpres. Selain di Pilpres, Agung melihat sinyal kuat bergabungnya RK ini juga sebagai persiapan menjelang Pilkada DKI mendatang, 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut menghadiri perayaan HUT Golkar ke-58 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2022).

Pengamat politik Agung Baskoro menilai kehadiran Ridwan Kamil, orang nomor satu di Jawa Barat itu memberi sinyal kuat bakal merapat ke Golkar.

“Ini sinyal bahwa ada kemungkinan RK merapat ke Golkar. Apalagi dalam beberapa waktu terakhir baik Golkar dan RK intensif melakukan komunikasi politik,” kata Agung Baskoro kepada Tribunnews.com, Minggu (23/10/2022).

Persiapan Pilpres hingga Pilgub DKI Mendatang

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS) ini menambahkan, kehadiran Ridwan Kamil di HUT Golkar kemarin menunjukkan bahwa dirinya ingin terlibat dalam Pilpres.

Keterlibatan RK itu, sambung dia, tidak hanya sebatas sebagai calon presiden ataupun calon wakil presiden (capres-cawapres).

“Dirinya ingin terlibat dalam Pilpres, entah sebagai capres, cawapres, atau anggota tim pemenangan yang punya peran strategis,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

Selain di Pilpres, Agung melihat sinyal kuat bergabungnya RK ini juga sebagai persiapan menjelang Pilkada DKI mendatang, bukan kembali di Jawa Barat.

Alasannya, lanjut dia, DKI merupakan episentrum politik nasional.

Menurut dia, dengan demikian, perjalanan politik Ridwan Kamil menjadi lebih panjang.

“Karena sudah mencicil kontribusinya di partai, saat sewaktu-waktu dibutuhkan. Apakah dalam kondisi Pilpres atau Pilkada DKI Jakarta,” kata dia.

“Siapa yang menjadi gubernur, maka kemungkinan menjadi capres/presiden sangat besar di 2029,” lanjut Agung.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi keterangan setelah menghadiri perayaan puncak HUT ke-58 Golkaryang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2022).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi keterangan setelah menghadiri perayaan puncak HUT ke-58 Golkaryang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2022). (Tribunnews.com/ Naufal Lanten)

Pertimbangkan Masuk Golkar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbicara perihal keterbukaannya masuk menjadi kader partai politik (parpol).

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas