Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sosok Cawapres yang Dipilih Anies Baswedan Harus Mampu Tambel Bolong-bolong Dirinya, AHY atau Aher?

Isu cawapres pendamping Anies ini muncul pasca mantan Gubernur DKI Jakarta itu menggelar pertemuan dengan AHY dan Aher, belum lama ini.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Sosok Cawapres yang Dipilih Anies Baswedan Harus Mampu Tambel Bolong-bolong Dirinya, AHY atau Aher?
Tribunnews/JEPRIMA
Anies Baswedan bersama Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan melakukan salam komando usai menghadiri Pelatihan Relawan Advokasi PPKS di Kantor DPTP PKS, Jakarta Selatan, Minggu (30/10/2022). Anies hadir dalam rangka menjadi narasumber dalam acara Pelatihan Relawan Advokasi PPKS. Kehadiran Anies Baswedan disambut meriah pula oleh para Anggota PKS yang hadir secara langsung maupun virtual dari seluruh Indonesia. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah nama tokoh politik kini menjadi pembicaraan, terutama terkait sosok calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi calon presiden dari Partai NasDem yakni Anies Baswedan.

Setelah sebelumnya muncul poster yang menggambarkan kekompakan antara Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), kini ada wacana bahwa Anies tengah mencoba berkomunikasi dengan tokoh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yaitu Ahmad Heryawan (Aher).

Tentu, isu cawapres pendamping Anies ini muncul pasca mantan Gubernur DKI Jakarta itu menggelar pertemuan dengan AHY dan Aher, belum lama ini.

Baik, Partai Demokrat dan PKS pun menyambut baik sinyal komunikasi yang dilakukan oleh Anies terhadap kedua tokoh tersebut.

Baca juga: Pilihan Capres dan Cawapres Koalisi Demokrat, NasDem dan PKS, Diklaim Libatkan Semua Pihak

Namun, hingga kini Anies Baswedan belum menentukan siapa sosok yang akan dipasangkan dengan dirinya pada Pilpres 2024 mendatang.

Saat dikonformasi perihal apakah Anies sudah menentukan sosok cawapres, Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP Partai NasDem Hermawi Taslim enggan merespons berlebihan.

Menurut Hermawi, kini Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS tengah berkomunikasi untuk mempersiapkan rencana deklarasi Koalisi Perubahan pada 10 November 2022.

BERITA REKOMENDASI

Sehingga, kata Hermawi, soal sosok cawapres pendampingi Anies masih dalam pembahasan intens dengan mitra koalisi.

Ia juga memastikan, jika progres pembahasan cawapres kini berjalan 'on the track'.

"(Pembahasan Cawapres Anies) On proses," kata Hermawi saat dihubungi Tribun Network, Selasa (1/11/2022).

Sementara, terkait sejumlah nama yang kini dikait-kaitkan dengan Anies Baswedan, Hermawi pun enggan menanggapinya.

Sementara, Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komaruddin menilai, baik Anies Baswedan maupun partai koalisi nantinya, perlu mempertimbangan sejumlah hal dalam penentuan cawapres.

Ujang menyebut, bahwa faktor elektabilitas tinggi bisa menjadi kriteria pertama dalam memiliki cawapres pendamping Anies.

Pasalnya, dia menilai bahwa faktor elektabilitas akan turut membantu menaikan popularitas Anies sebagai Capres.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas