Tribun

Bursa Capres

Erick Thohir Disebut-sebut Mendapatkan Dukungan Presiden Jokowi di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Erick Thohir dinilai Pengamat Politik Usep S Achyar telah mendapatkan dukungan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk maju dalam Pilpres 2024.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Erick Thohir Disebut-sebut Mendapatkan Dukungan Presiden Jokowi di Pilpres 2024, Ini Alasannya
Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir. Pengamat Politik Usep S Achyar menilai Erick Thohir telah mendapatkan dukungan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk maju dalam Pilpres 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai Pengamat Politik Usep S Achyar telah mendapatkan dukungan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mengikuti Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 mendatang.

Achyar melihat Jokowi membutuhkan Erick Thohir untuk meneruskan kerja-kerja yang belum terselesaikan.

“Dari posisi apapun Pak Erick Thohir mendapatkan dukungan Pak Jokowi sebagai cawapres maupun capres jika elektabilitasnya tinggi. Pak Erick Thohir bisa meneruskan legacy di 2024 nanti,” kata Direktur Riset Populi Center tersebut dalam keterangannya, Rabu (30/11/2022).

Seperti diketahui, Erick Thohir disebut menjadi andalan dan kepercayaan dari Presiden Jokowi.

Kedekatan keduanya bahkan tidak lagi sebatas profesional tapi juga hingga personal.

Terbukti, Erick Thohir ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Ketua Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep sekaligus Pesta Rakyat Kota Solo.

Baca juga: Transformasi Perum PFN, Langkah Menteri BUMN Erick Thohir Dukung Perfilman dan Kreator Tanah Air

Di bidang kerja profesional Eks Presiden Inter Milan tersebut terbukti berhasil menyelesaikan berabagi penugasan strategis.

Di antaranya adalah penanggulangan pandemi Covid-19 dengan mendatangkan ratusan juta vaksin dari berbagai negara, dan memproduksi vaksin sendiri bersama Bio Farma yakni IndoVac.

Untuk pemulihan ekonomi nasional Erick Thohir juga berhasil mendorong program KUR, Mekaar dan Makmur untuk masyarakat.

Baca juga: Erick Thohir Bakal Tangkap Pejabat yang Salurkan Dana BUMN Untuk Acara Relawan Jokowi

Program-program tersebut memberikan bantuan pendanaan dan pendampingan untuk UMKM masyarakat termasuk di bidang pertanian.

Tak berhenti sampai di situ, Erick Thohir berhasil membenahi Kementerian BUMN jadi lebih baik dari sebelumnya.

Erick Thohir berhasil meningkatkan laba Kementerian BUMN dari Rp 13 triliun di tahun 2020 menjadi Rp 124 triliun pada tahun 2021.

Ia juga berhasil membersihkan Kementerian BUMN dari oknum-oknum koruptor seperti kasus Asabri, Jiwasraya dan Garuda Indonesia.

Baca juga: Sandang Gelar Putra Tomok dari Samosir, Erick Thohir: Kehormatan Buat Saya Jadi Bagian Bangso Batak

Maka dari itu, Achyar melihat Presiden Jokowi membutuhkan Erick Thohir untuk menjadi penerusnya di pemerintahan Indonesia karena sudah terbukti bekerja nyata kepada negara dan masyarakat.

“Kedekatan hubungan yang dimiliki oleh Pak Jokowi dan Pak Erick Thohir sudah terbangun sejak lama, tidak hanya dekat secara profesional namun juga personal. Pak Erick Thohir juga terus mendukung program-program Pak Jokowi, karena itu juga beliau terus dimajukan,” ujar Achyar.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas