Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Politikus NasDem Effendi Choirie: Presiden Harus Jawa Itu Mitos

Gus Choi mengaku tak sepakat dengan anggapan bahwa Presiden RI harus keturunan Jawa. Anak buah Surya Paloh itu nilai hal tersebut disebut hanya mitos.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Politikus NasDem Effendi Choirie: Presiden Harus Jawa Itu Mitos
Tribunnews.com/Amriyono Prakoso
Ketua Badan Pemenang Pemilu NasDem, Effendi Choirie atau sering disapa Gus Choi. Gus Choi mengaku tak sepakat dengan anggapan bahwa Presiden RI harus keturunan Jawa. Anak buah Surya Paloh itu menilai hal tersebut disebut hanya mitos belaka. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP Partai Nasdem, Effendi Choirie atau Gus Choi mengaku tak sepakat dengan anggapan bahwa Presiden RI harus keturunan Jawa.

Anak buah Surya Paloh itu menilai hal tersebut disebut hanya mitos belaka.

"Tidak boleh membicarakan dan mitos-mitos yang menyatakan presiden harus Jawa itu mitos yang harus ketika kita bicara demokrasi kita tidak bicara lagi pulau," kata Gus Choi dalam diskusi di Kopi Politik, Jakarta Selatan, Sabtu (7/1/2023).




Ia menyampaikan bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku dan bangsa. Karena itu, calon bakal presiden yang diusungnya Anies Baswedan yang juga merupakan keturunan arab memiliki kesempatan yang sama.

"Kami mengajak berpikir kepada semua masyarakat bahwa Anies warga negara Indonesia. Warga Indonesia ini keturunannya macam macam, ada melanisia, ada Jawa, ada batak, ada arab, ada China. Kita harus clear disini," jelas Gus Choi.

Gus Choi menjelaskan bahwa persoalan identitas tak boleh lagi dibicarakan dalam panggung politik.

Selama memenuhi syarat, maka figur tersebut bisa dipilih menjadi pemimpin masa depan.

BERITA TERKAIT

"Tidak bicara lagi suku apa, itu sudah selesai. China boleh, kristen boleh, agama apapun suku apapu itu boleh. Setelah memenuhi syarat masyarakat kok kemudian umat islam akan memilih islam, kristen memilih kristen, kaum nasional, kaum religius itu biasa. Itu tidak ada yang salah," tukasnya.

Baca juga: Politikus NasDem: Anies Baswedan Disorot Seolah-olah Manusia yang Membahayakan Bangsa

Relawan Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan (Laskar AMAN) menunjukan baju dukungan saat Deklarasi di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (4/12/2022). Relawan Laskar AMAN yang terdiri dari lintas generasi  mendeklarasikan diri mendukung Anies Baswedan calon Presiden 2024 mendatang. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Relawan Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan (Laskar AMAN) menunjukan baju dukungan saat Deklarasi di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (4/12/2022). Relawan Laskar AMAN yang terdiri dari lintas generasi mendeklarasikan diri mendukung Anies Baswedan calon Presiden 2024 mendatang. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (WARTA KOTA/WARTA KOTA/ABN)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas