Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Banyak Parpol Koalisi Tapi Belum Usung Capres-Cawapres, Ketua DPP Eriko: Apa Kalian Tunggu PDIP?

Banyak parpol sudah berkoalisi, PDIP bingung mengapa belum ada yang konkret usung capres di Pilpres, apakah menunggu PDIP ?

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Banyak Parpol Koalisi Tapi Belum Usung Capres-Cawapres, Ketua DPP Eriko: Apa Kalian Tunggu PDIP?
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga saat ditemui di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (8/1/2023). Banyak parpol sudah berkoalisi, PDIP bingung mengapa belum ada yang konkret usung capres di Pilpres, apakah menunggu PDIP ? (Tribunnews.com/Naufal Lanten). 

TRIBUNNEWS.COM,  JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga berkomentar soal dinamika iklim politik nasional, di antaranya perihal koalisi sejumlah parpol.

Eriko Sotarduga mengatakan sudah ada penjajakan koalisi beberapa parpol, di antaranya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR), hingga wacana penjajakan NasDem bersama Partai Demokrat dan PKS.

Namun dari sekian banyak parpol tersebut, belum ada yang konkret mengusung capres yang bakal maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga: Potensi Megawati Soekarnoputri Jadi Capres di 2024, PDIP: Tunggu HUT Nanti Ada Kejutan atau Tidak 

“Kemarin juga saya tanyakan kepada partai lain, ini yang menarik. Kenapa anda tidak memutuskan. Itu kan hak anda. Coba pikirkan. Koalisi sudah terbentuk tapi mereka tidak bisa memutuskan. Aneh nggak ini,” ucap Eriko Sotarduga kepada wartawan di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (8/1/2023).

“Sudah ada. Katakan. Contoh Nasdem, sama siapa lagi, Demokrat sama PKS. Kenapa nggak diputuskan capres. Calon wapres nggak ada. KIB ada tiga partai. Sudah sepakat katanya, ini bukan tiga PDIP. Nanti ini mbak lihat-lihat terus tiga. Tapi tidak memutuskan juga? Gerindra dan PKB,” ujarnya menambahkan.

Ia lantas mempertanyakan, apakah para koalisi parpol tersebut belum juga mengusung capres lantaran menunggu partai berlambang banteng ini.

“Makanya saya sampaikan, apakah kalian semua menunggu PDIP? Kalau itu yang terjadi kami sungguh bersyukur,” ucap Eriko.

BERITA TERKAIT

“Ternyata PDIP berperan baik dengan segala kerendahan hati. Ternyata mewakili keinginan rakyat. Nah itu yg sebenarnya sama-sama kita tunggu. Apa sih yang ditunggu oleh yang lain,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Kapan Megawati Soekarnoputri Umumkan Capres yang Diusung di Pilpres 2024? Ini Kata PDIP

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas