Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tantowi Yahya: Banyak Teman Artis Berpikir Ketika Saya Ajak Gabung dengan Partai Golkar

Tantowi Yahya mengatakan sejak awal Golkar menjadikan dirinya rumah untuk semua rakyat Indonesia.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Tantowi Yahya: Banyak Teman Artis Berpikir Ketika Saya Ajak Gabung dengan Partai Golkar
Tangkapan Layar: Kanal Youtube Tribunnews
Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) sekaligus Duta Besar (Dubes) Keliling Asia Pasifik, Tantowi Yahya dan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra saat acara Tribun Network Series Mata Lokal Memilih bertajuk "Partai Politik Berebut Suara Selebritas: Membaca Konstelasi Politik Nasional Setahun Menjelang Pemilu 2024" di Menara Kompas Jakarta pada Selasa (14/2/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) sekaligus Duta Besar (Dubes) Keliling Asia Pasifik, Tantowi Yahya ditanya Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra perihal apakah Golkar akan menjaring selebriti dan public figur untuk mempertahankan posisi partai papan atas dalam Pemilu 2024 ke depan.

Menjawab pertanyaan tersebut, Tantowi mengatakan sejak awal Golkar menjadikan dirinya rumah untuk semua rakyat Indonesia.




Untuk itu, kata dia, Partai Golkar tidak memberikan prioritas atau karpet merah kepada masyarakat dari kelompok atau profesi tertentu.

Semua elemen, kata dia, baik aktivis, organisatoris, pengusaha, alim ulama, pendidik, profesional, seniman, termasuk selebriti bergabung di Golkar.

Hal tersebut disampaikannya saat acara Tribun Network Series Mata Lokal Memilih bertajuk "Partai Politik Berebut Suara Selebritas: Membaca Konstelasi Politik Nasional Setahun Menjelang Pemilu 2024" di Menara Kompas Jakarta pada Selasa (14/2/2023).

"Jadi, selebriti atau seniman apapun bidang yang digeluti mendapat porsi yang sama dengan profesi lain," kata Tantowi.

BERITA TERKAIT

"Sehingga tidak ada keistimewaan sama sekali caleg ataupun kader ataupun anggota legislatif yang latar belakangnya adalah artis," sambung dia.

Ia kemudian mengaku merasakan hal tersebut ketika mulai bergabung dengan Partai Golkar pada tahun 1996.

Tantowi kemudian baru menjadi caleg pada tahun 2009 bersama dengan temannya yang juga aktris cum politikus Nurul Arifin.

Selanjutnya, kata dia, ia ikut lagi pada Pileg tahun 2014 dan terpilih lagi meskipun tidak selesai karena di tengah jalan mendapatkan tugas sebagai duta besar dari Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan pengalamannya hampir 10 tahun di DPR dan lebih dari 20 tahun di partai, menurutnya tidak ada jalan pintas yang bisa dilakukan.

"Jadi seterkenal apapun kita ya harus bekerja sebagaimana halnya teman-teman lain yang latar belakangnya berbeda," kata dia.

Baca juga: Pamit Tugas Sebagai Dubes Selandia Baru, Tantowi Yahya Sampaikan Pesan Seni Berdiplomasi

"Golkar adalah partai yang berbasis kinerja. Jadi siapapun yang berkinerja baik, tanpa melihat latar belakangnya maka dia akan mendapatkan posisi. Oleh karenanya ketika seseorang mendapatkan posisi tertentu, sulit ada yang cemburu karena mereka tahu betul bahwa itu adalah buah dari satu proses yang panjang," sambung dia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas