Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wakil Ketua Umum NasDem Soal Pembuatan Sekber Koalisi Perubahan: Sudah Ada Posko Bersama

Menurutnya, hal yang terpenting bahwa NasDem, PKS dan Demokrat terus berkomunikasi mengenai strategi pemenangan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Wakil Ketua Umum NasDem Soal Pembuatan Sekber Koalisi Perubahan: Sudah Ada Posko Bersama
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem Ahmad Ali. Menurutnya, hal yang terpenting bahwa NasDem, PKS dan Demokrat terus berkomunikasi mengenai strategi pemenangan Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menyebutkan bahwa koalisi perubahan sejatinya sudah memiliki posko bersama.

Hal itu sekaligus menanggapi usulan Demokrat dan PKS yang menginginkan adanya Sekretariat Bersama (Sekber) Perubahan untuk pemenangan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

"Sudah ada posko bersama," ujar Ali saat dikonfirmasi, Selasa (28/2/2023).

Namun, Ali enggan membeberkan soal lokasi posko bersama miliki Koalisi Perubahan tersebut.

"Mau tau aja (lokasi posko bersama koalisi perubahan)," jelasnya.

Menurutnya, hal yang terpenting bahwa NasDem, PKS dan Demokrat terus berkomunikasi mengenai strategi pemenangan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

BERITA TERKAIT

"Selama ini tim kecil 3 partai sudah intens berkomunikasi," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Tim kecil dari koalisi perubahan masih akan mematangkan untuk segera membentuk sekretariat bersama pengusung Anies Baswedan menjadi bakal calon presiden (Bacapres) di Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Deputi Bappilu Demokrat Kamhar Lakuman menyatakan ketiga partai yang tergabung dalam koalisi perubahan disebut semakin berkemajuan setelah NasDem, Demokrat dan PKS mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Bacapres.

Baca juga: NasDem Sepakat Usul PKS agar Cawapres Anies Baswedan dari Luar Partai Politik

Karena itu, kata Kamhar, nantinya koalisi perubahan akan segera membentuk sekretariat bersama (Sekber) yang dinamakan Sekretariat Perubahan.

"Sebagai tindaklanjut pertemuan para pimpinan partai adalah pembentukan Sekber atau Sekretariat Perubahan dan penandatanganan nota kesepahaman antar pimpinan partai untuk pemenuhan presidential threshold 20 persen dan komitmen perubahan dan perbaikan," ujar Kamhar saat dikonfirmasi, Senin (27/2/2023).

Menurut Kamhar, tim kecil dari koalisi perubahan masih tengah mematangkan teknis dan pelaksanaan dari sekber pemenangan Anies Baswedan.

"Terkait dengan hal-hal teknis sedang dimatangkan di tim kecil perwakilan tiga partai dan perwakilan Mas Anies. Kita tunggu saja hasil koordinasinya," tukasnya.

Hingga saat ini, baru PKB dan Partai Gerindra yang tergabung dalam koalisi kebangkitan Indonesia raya yang telah mendirikan Sekber di Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat pada 23 Januari 2023 lalu.

Sekber itu diresmikan langsung oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Menurut keduanya, sekber itu diresmikan sebagai wujud komitmen kerja sama politik kedua partai.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas