Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puji Prabowo dan Airlangga, Ketua Umum PAN akan Ikuti Arahan Jokowi di Pemilu 2024

Dalam pertemuan itu, muncul wacana penggabungan kekuatan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Puji Prabowo dan Airlangga, Ketua Umum PAN akan Ikuti Arahan Jokowi di Pemilu 2024
Istimewa
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dalam acara Silaturahmi Ramadan di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri silaturahmi bersama lima ketua umum partai politik pendukung pemerintah di Kantor DPP PAN, Minggu, (2/4/2023).

Dalam pertemuan itu, muncul wacana penggabungan kekuatan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

Dalam acara tersebut Ketum PAN Zulkifli Hasan memberikan kode untuk memberi dukungan kepada Ketum Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres di Pemilu 2024.

Ia menegaskan, akan mengikuti komando Jokowi dalam menentukan arah dukungan.

“Ada satu filosofi Pak, walaupun tidak tertulis, katanya, kalau kita berbisnis harus ikut yang lagi wangi. Yang lagi harum. Jadi kita lihat kolega kita, yang lagi harum. Harum itu artinya pegang apa saja jadi. Memasarkan apa saja laku. Bikin apa saja, disukai orang,” kata Zulkifli.

Zulkifli pun memuji elektabilitas Prabowo di survei. Terlebih beberapa hari belakangan ini, Jokowi kerap mengajak Prabowo keliling menemui rakyat.

BERITA REKOMENDASI

“Jadi kalau kita ikut, kita ikut wangi. Tapi kalau ikut yang bohwat, Bahasa Tionghoa, itu lagi tidak bagus. Kalau Pak Prabowo sama Pak Jokowi panen padi, survei naik Pak. Iya betul pak. Jadi kalau ikut yang auranya lagi naik, kita kebawa pak,” ujar Zulkifli.

Baca juga: Saat Cerita Zulkifli Hasan 10 Tahun Dukung Prabowo Bikin Presiden Jokowi Tertawa

Di satu sisi, Zulkifli juga memuji sosok Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Diketahui Airlangga adalah pemimpin di KIB bersama PAN. Sementara Prabowo merupakan pemimpin di KIR.

“Pak Airlangga Hartarto yang saya hormati, suatu kehormatan. Beliau ini Menko Perekonomian, atasan saya. Juga membawa Koalisi Indonesia Bersatu, kalau semakin solid, kompak, satu hati, satu pemikiran, dan Insha Allah nanti satu pilihan, di bawah komando Bapak Presiden,” kata Zulkifli.

Dalam pidatonya, Zul juga mengatakan, PAN bukan kali ini saja berada satu barisan dengan Prabowo. PAN sudah dua periode pemilu mendukung Prabowo sebagai Capres.

“Pak Prabowo, terima kasih pak. Saya deg-degan, jangan sampai Pak Prabowo tidak hadir. Pak Presiden, saya dan Pak Prabowo sudah 10 tahun dukung Pak. Pak Muzani, mana Pak Muzani. Pak Hatta ada Pak, masih ada Pak. Pak Prabowo jadi Menteri Pak Jokowi, masak saya enggak. Pak Prabowo tidak diragukan pak, berjuang tak kenalan lelah untuk NKRI,” katanya.

“Oleh Karena itu, tadi bisik-bisik, tuntaskan dong. Saya bilang, siap. Saya kan panglima lapangan. Tergantung panglima tertinggi, Pak Jokowi,” pungkasnya.

Sebelumnya wacana pembentukan koalisi besar dengan menggabungkan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada Pemilu 2024 mendatang mencuat usai acara silaturahmi Presiden Jokowi bersama lima ketum parpol di Kantor DPP PAN, Minggu, (2/4/2023).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas