Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PAN soal PSI Bakal Gabung KIB: Kami Terima dengan Suka Cita

PAN menyambut baik semakin merapatnya satu lagi partai yakni PSI ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang bermuara pada Koalisi Besar.

Penulis: Reza Deni
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in PAN soal PSI Bakal Gabung KIB: Kami Terima dengan Suka Cita
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha memberikan keterangan usai melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu (12/4/2023). Pertemuan tersebut secara garis besar untuk membahas koalisi besar menjelang Pemilu 2024.  Partai Amanat Nasional menyambut baik soal semakin merapatnya PSI ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang bermuara pada Koalisi Besar. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Amanat Nasional menyambut baik soal semakin merapatnya satu lagi partai ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang bermuara pada Koalisi Besar.

Adapun yang dimaksud Waketum PAN Viva Yoga Mauladi yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Viva merespons soal kedatangan jajaran PSI ke DPP Partai Golkar pada Rabu (12/4/2023) kemarin.

"Meski PSI adalah parpol non kursi di DPR RI, kita tetap menerima dengan suka cita dan akan memiliki posisi setara dengan anggota koalisi lainnya dalam proses pengambilan keputusan, jika seandainya PSI akan jadi bergabung bersama kami," ujar Waketum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Kamis (13/4/2023).

Viva mengatakan PAN senang jika PSI dan Golkar harmonis merajut persahabatan.

Viva meyakini parpol KIB lainnya, yakni PPP, juga turut senang.

Viva menilai setiap parpol memiliki basis konstituen. Jika digabung menjadi satu, dalam koalisi besar, tentunya akan menambah potensi pemenangan pasangan calon yang akan diusung di Pilpres 2024.

BERITA TERKAIT

"Jika PSI merencanakan akan bergabung dengan KIB, atau ikut di dalam Koalisi Besar yaitu koalisi kebangsaan bersama dengan KIR, hal itu akan menambah nilai positif dalam memperluas basis dukungan koalisi," pungkas Viva

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha mendatangi markas Partai Golkar di kawasan Jakarta Barat, Rabu (12/4/2023).

Pantauan Tribunnews.com, Giring yang mengenakan jaket merah berlogo PSI tiba di markas Partai Golkar sekira pukul 11.00 WIB.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha memberikan keterangan usai melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu (12/4/2023). Pertemuan tersebut secara garis besar untuk membahas koalisi besar menjelang Pemilu 2024.?TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha memberikan keterangan usai melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu (12/4/2023). Pertemuan tersebut secara garis besar untuk membahas koalisi besar menjelang Pemilu 2024.?TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Giring tampak didampingi Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka, bersama pengurus lainnya.

Setiba di Golkar, meraka langsung disambut Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Nurul Arifin, Ketua DPP Golkar Meutya Hafid, dan Anggota DPR fraksi Golkar Puteri Komarudin.

Saat ini, Giring bersama sejumlah jajaran DPP PSI sedang melakukan pertemuan tertutup bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan kunjungan PSI ini berkaitan seputar wacana Koalisi Besar.

"Besok, besok kita akan ketemu Golkar. Ketemu dengan Pak Airlangga," kata Grace kepada awak media saat ditemui di Kantor DPP PSI, Jakarta, Selasa (11/4/2023).

"Pokoknya besok ya kita ketemu Golkar, besok saja. Pokoknya seputar Koalisi Besar," sambungnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas