Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cawapres Anies Mengerucut ke 1 Nama, AHY Dinilai Berpeluang

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kemungkinan besar akan menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Anies Baswe

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Cawapres Anies Mengerucut ke 1 Nama, AHY Dinilai Berpeluang
Instagram/Agus Yudhoyono
Momen mesra Anies dan AHY saat menonton konser Dewa 19 di Jakarta International Stadium, Jakarta Utara, Sabtu(4/2/2023) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Trias Politika Agung Baskoro menilai Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kemungkinan besar akan menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Anies Baswedan.

Hal itu terkait cawapres mantan Gubernur DKI Jakarta itu kini disebut sudah mengerucut ke satu nama.

Agung mengatakan secara institusional Demokrat punya posisi tawar yang kuat selain memiliki elektabilitas partai, juga punya pengaruh terkait kelangsungan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Sebab, dia menyebut KPP akan layu sebelum berkembang bila Demokrat berlabuh dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) atau koalisi lainnya.

"Karena ketika Demokrat beralih ke KKIR atau Koalisi lain, otomatis KPP layu sebelum terkembang," kata Agung kepada Tribunnews.com, Sabtu (3/6/2023).

Baca juga: Presiden PKS Akui Sandiaga Uno Termasuk Cawapres yang Diunggulkan Dampingi Anies Baswedan

Agung menuturkan secara elektabilitas AHY jauh lebih unggul ketimbang Khofifah Indar Parawansa atau Ahmad Heryawan (Aher).

BERITA TERKAIT

"Sehingga, sulit bagi NasDem dan PKS memaksakan nama jagoan yang diusung masing-masing," ujarnya.

Selain itu, dia menegaskan secara finansial atau pembiayaan politik terkait pendanaan Pilpres, Partai Demokrat dan AHY lebih siap ketimbang NasDem dan PKS karena pernah menjadi partai pemerintah selama 2 periode.

"Sehingga menjadi relevan alias masuk akal untuk sementara ini nama AHY menguat. Apalagi kemarin Anies langsung bertemu SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) di Pacitan," ungkap Agung.

NasDem Ungkap Cawapres Anies Mengerucut ke 1 Nama, Siapa?

Partai NasDem mengungkapkan bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan sudah mengerucut ke satu nama.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan mengatakan bakal cawapres itu sudah diputuskan dalam tim delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

"Cawapres itu sudah kita putuskan di tim 8 jadi 1 nama iya," kata Willy di NasDem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, Jumat (2/6/2023).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas