Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat Sebut Potensi Andika Perkasa Jadi Cawapres Ganjar, Tergantung Bisa Meyakinkan Megawati

potensi Andika Perkasa jadi cawapres Ganjar Pranowo tergantung sejauh mana bisa yakinkan Megawati.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pengamat Sebut Potensi Andika Perkasa Jadi Cawapres Ganjar, Tergantung Bisa Meyakinkan Megawati
Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda
Bacapres Ganjar Pranowo bersama Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa di sela-sela acara Puncak Peringatan Bulan Bung Karno 2023 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (24/6/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W. Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Analis Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai bahwa potensi Andika Perkasa jadi cawapres Ganjar Pranowo tergantung sejauh mana bisa yakinkan Megawati Soekarnoputri.

Diketahui Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa terlihat menghadiri perayaan Bulan Bung Karno 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, pada Sabtu (24/6/2023).

Sementara itu Sandiaga Uno yang digadang-gadang sebagai bacawapres Ganjar tidak hadir di Senayan.

"Sebetulnya potensi Andika tetap ada di koalisi manapun, apalagi beliau memang jenderal yang bukan kaleng-kaleng. Namun tentu saja posisi cawapres Ganjar tergantung Bu Megawati. Sejauh mana Andika bisa menyakinkan Megawati," kata Pangi dihubungi Minggu (26/5/2023).

Pangi melanjutkan apalagi Megawati membutuhkan cawapres yang punya probabilitas menang, bukan kebutuhan keinginan, cawapres yang bisa menjadi resep untuk mengobati elektabilitas capres itu sendiri.

"Posisi cawapres Ganjar cukup kompetitif. Sandiaga Uno disodorkan PPP, Erick Thohir disodorkan PAN, dan ada juga nama TGB yang disodorkan perindo dan ada imam mesjid istiqlal Nazarudin Umar sebagai representasi religius melengkapi karakter personal nasionalis," kata Pangi.

BERITA TERKAIT

Pangi menegaskan cawapres Ganjar tergantung Megawati, dialah menurutnya yang menentukan capres-cawapres paket lengkap.

Baca juga: Pengamat Prediksi Andika Perkasa Bisa Jadi Lawan Potensial Prabowo di Pipres 2024

"Selama ini memang cawapres indikatornya pada 4 variabel yakni bawa elektoral, bawa partai, bawa logistik, bawa stabilitas politik dan bawa paket dengan kombinasi sipil militer, jawa vs pulau jawa. Soal cawapres ada irisan NU, cawapres yang kebutuhan afiliasi basis pemilih kultural bukan hanya berbasis elektabilitas semata," tutupnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas