Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Makna Kemeja Garis-garis Hitam Putih Ganjar Pranowo, Ternyata Didesain Jokowi

Ganjar Pranowo terlihat mengenakan kemeja lengan pendek dengan motif garis-garis berwarna hitam putih yang merupakan rekomendasi dari Jokowi.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Makna Kemeja Garis-garis Hitam Putih Ganjar Pranowo, Ternyata Didesain Jokowi
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo terlihat mengenakan kemeja lengan pendek dengan motif garis-garis berwarna hitam putih saat hadiri Silahturahmi 1 Muharam 1445H bersama Relawan pendukung di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2023) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo terlihat mengenakan kemeja lengan pendek dengan motif garis-garis berwarna hitam putih saat hadiri Silahturahmi 1 Muharam 1445H bersama Relawan pendukung di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2023).

Dalam sambutannya, Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa motif kemeja itu merupakan desain yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Beliau (Presiden Jokowi) pun sangat perhatian sampai detail baju sehingga merekomendasikan untuk saya pakai," kata Ganjar Pranowo di hadapan ratusan relawan.

Ganjar juga mengungkapkan, bahwa desain baju tersebut diberikan Presiden Jokowi saat mereka makan siang bersama, beberapa waktu lalu.

"Beliau menyampaikan selembar kertas kepada saya. 'Pak Ganjar mungkin ini bagus'. Saya lihat, saya bolak balik, karena apa yang bagus itu adalah baju yang saya pakai ini," sambung Ganjar.

Dalam acara itu, seluruh relawan yang hadir juga tampak mengenakan kemeja dengan motif dan warna yang sama dengan Ganjar.

Baca juga: Ganjar Pranowo: Saya Bukan Orang Abu-abu

BERITA REKOMENDASI

Di dalam sambutannya, Ganjar mengungkapkan alasannya mengenakan pakaian kemeja dengan motif garis-garis hitam-putih.

Menurut Ganjar, hal itu sebagai penanda bahwa dirinya bukan orang yang abu-abu dalam mengambil sikap. Termasuk, soal mengambil keputusan dalam situasi sulit.

"Kenapa (baju kemeja) hitam putih. Saya sampaikan bahwa saya bukan orang abu-abu. Ketika kita bersikap pada sebuah keputusan yang sulit, anda mau pilih yang mana," kata Ganjar disambut tepuk tangan ratusan relawannya.

Ganjar juga meyakini bahwa seluruh relawan pendukungnya bukanlah orang yang abu-abu dalam bersikap.

"Saya yakin yang hadir di sini sudah memilih pada sikap itu, mudah-mudahan kita sama," tegas Ganjar.

Diketahui, penggunaan kemeja dalam kontestasi Pemilu pernah dilakukan oleh Jokowi bersama Basuki Tjahja Purnama atau Ahok dalam Pilgub DKI Jakarta di tahun 2012 lalu. Saat itu, keduanya mempopulerkan diri dengan mengenakan kemeja kotak-kotak berwarna merah.

Bahkan, kemeja itu sempat tren di kalangan masyarakat umum.

Lalu, pada Pilpres 2014, Jokowi bersama wakilnya Jusuf Kalla kembali mengenakan kemeja berwarna putih lengan panjang. Namun, pada bagian lengan digulung yang mengartikan bahwa keduanya siap bekerja untuk rakyat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas