Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cak Imin Ungkap Ada Sinyal Dukungan Jokowi ke Prabowo dari Penetapan Nama Koalisi Indonesia Maju 

Cak Imin berikan sinyal kalau penetapan nama Koalisi Indonesia Maju seraya menunjukkan adanya dukungan dari Presiden Jokowi atas pencapresan Prabowo.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Cak Imin Ungkap Ada Sinyal Dukungan Jokowi ke Prabowo dari Penetapan Nama Koalisi Indonesia Maju 
TribunSolo.com/Andreas Chris
Baliho yang memerlihatkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di salah satu sudut Kota Solo, Jawa Tengah. Cak Imin memberikan sinyal kalau penetapan nama Koalisi Indonesia Maju seraya menunjukkan adanya dukungan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) atas pencapresan Prabowo Subianto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memberikan sinyal kalau penetapan nama Koalisi Indonesia Maju seraya menunjukkan adanya dukungan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) atas pencapresan Prabowo Subianto.

Pernyataan itu disampaikan Cak Imin usai adanya penetapan nama Koalisi Indonesia Maju yang di dalamnya terdapat Partai Gerindra, Golkar, PKB, PAN dan PBB.

"Ya begitu kira-kira (dukungan Jokowi untuk Prabowo)," kata Cak Imin kepada awak media di Jakarta, dikutip Selasa (29/8/2023).

Baca juga: Cak Imin Singgung Nasib KKIR Usai Terbentuknya Koalisi Indonesia Maju: Berarti Bubar Dong?




Lebih lanjut, Cak Imin membeberkan dasar digunakannya nama Koalisi Indonesia Maju itu.

Hal itu didasari menurut Cak Imin, karena sebagian besar partai politik yang berada di dalam koalisi tersebut saat ini bergabung dalam kabinet Indonesia Maju bersama Jokowi-Ma'ruf.

"Ya karena partai-partai yang bergabung ini kan memang menjadi bagian dari kabinet Indonesia Maju," tukas dia.

Mengaku Baru Tahu dari Mulut Prabowo

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku, baru mengetahui kalau nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) kini telah menjadi Koalisi Indonesia Maju.

BERITA TERKAIT

Cak Imin menyatakan, dirinya baru mengetahui hal itu saat acara HUT ke-25 PAN yang digelar pada Senin (28/8/2023) malam.

"Saya juga baru tahu (nama Koalisi Indonesia Maju)," kata Cak Imin saat ditemui di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta, usai acara HUT ke-25 PAN.

Baca juga: Mengulik Weton Rabu Pon Kelahiran Prabowo Subianto hingga Ramalan Jayabaya dan Gusdur

Cak Imin lantas menyatakan, kalau dirinya belum pernah diajak rembukan terkait dengan penetapan nama Koalisi Indonesia Maju tersebut.

Wakil Ketua DPR RI itu mengaku, baru mengetahui nama koalisi yang diusung bersama Gerindra itu berubah setelah diberikan informasi oleh Prabowo Subianto.

"Ya saya baru dikasih tau tadi sama pak Prabowo bahwa koalisinya tadi koalisi Indonesia Maju," ujar dia.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat ditemui di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta, usai acara HUT ke-25 PAN, Senin (28/8/2023) malam
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat ditemui di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta, usai acara HUT ke-25 PAN, Senin (28/8/2023) malam (Tribunnews/Rizki Sandi Saputra)

Sebagai tindak lanjut, Cak Imin menyatakan, dirinya akan melaporkan perubahan nama koalisi tersebut ke internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Meski begitu, Cak Imin enggan menilai kalau dirinya tidak dilibatkan atau dikesampingkan dalam koalisi ini.

"Oh gak, gak terlalu penting itu. Yang penting saya harus mempertanggung jawabkan ke partai saya (PKB)," tukas Cak Imin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas