Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Daftar Purnawirawan Jenderal TNI-Polri Dukung Anies VS Ganjar, Kubu Mana Paling banyak Bintangnya?

Berikut daftar para purnawirawan TNI/Polri yang sudah bersikap mendukung bacapres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Penulis: Wahyu Aji
zoom-in Daftar Purnawirawan Jenderal TNI-Polri Dukung Anies VS Ganjar, Kubu Mana Paling banyak Bintangnya?
Istimewa/Kolase Tribun Jambi
Letjen (Purn) Ediwan Prabowo yang menjabat sebagai ketua purnawirawan TNI-Polri yang mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berikut daftar para purnawirawan TNI/Polri yang sudah bersikap mendukung bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Beberapa waktu lalu, bakal capres yang diusung PDI Perjuangan Ganjar Pranowo mengaku didukung ratusan purnawirawan TNI/Polri untuk maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini disampaikan Ganjar usai menghadiri acara bertajuk "Ngopi Bareng" bersama purnawirawan TNI/Polri di Hotel Mercure Convention Centre, Ancol, Jakarta, Minggu (30/7/2023).

Pertemuan ini digelar secara tertutup. Kepada awak media, Ganjar mengumbar isi pertemuan itu. Menurutnya, acara itu membicarakan berbagai harapan eks anggota TNI dan Polri itu kepadanya jika memimpin Indonesia kelak.

"Ada banyak sekali tadi cerita. Cerita proyeksi, cerita SDM (sumber daya manusia), cerita proyeksi soal polhankam (politik, pertahanan, keamanan) ke depan seperti apa," kata Ganjar.

Sebagaimana diketahui, sejauh ini ada tiga kandidat bakal capres yang digadang-gadang bakal maju di Pilpres 2024.

Pertama, Anies Baswedan yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang terdiri dari Partai Nasdem, PKB, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

BERITA TERKAIT

Kedua, Ganjar Pranowo yang diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura dan Perindo.

Ketiga, Prabowo Subianto yang diusulkan oleh Partai Gerindra, Golkar, PAN, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Gelora.

Baca juga: Kakak Ipar Jadi Timses Ganjar, Hendropriyono Satu Panggung Bareng Prabowo, Diaz: Lah Saya Kemana?

Jenderal pendukung Ganjar

Jenderal purnawirawan pendukung Ganjar Pranowo berasal dari berbagai macam latar belakang TNI dan Polri.

Bahkan baru-baru ini, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa pun sudah menyatakan mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

Jauh sebelumnya, sejumlah jenderal purnawirawan TNI-Polri pun sudah mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo di Grand Ballroom Kelapa Gading Sport Center, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023).

Bacapres Ganjar Pranowo bersama Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa di sela-sela acara Puncak Peringatan Bulan Bung Karno 2023 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).
Bacapres Ganjar Pranowo bersama Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa di sela-sela acara Puncak Peringatan Bulan Bung Karno 2023 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (24/6/2023). (Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda)

Para jenderal purnawirawan yang tergabung dalam organisasi Relawan Ganjar punya Rakyat (Gapura) Nusantara diketahui ada mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) hingga Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh selaku Ketua Pembina Relawan Gapura, menilai Ganjar sebagai sosok yang bisa melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas