Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menanti Arah Koalisi Demokrat ke Prabowo atau Ganjar, Golkar Beri Sinyal Partai Baru Gabung KIM

Partai Demokrat hingga kini belum resmi mengumumkan keputusan politiknya apakah akan bergabung dengan kubu Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo.

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Menanti Arah Koalisi Demokrat ke Prabowo atau Ganjar, Golkar Beri Sinyal Partai Baru Gabung KIM
Kolase Tribunnews (Kompas.com)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ganjar Pranowo, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Hingga kini, Partai Demokrat belum resmi mengumumkan keputusan politiknya apakah akan bergabung dengan kubu Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo. 

TRIBUNNEWS.COM - Partai Demokrat hingga kini belum resmi mengumumkan keputusan politiknya apakah akan bergabung dengan koalisi yang sudah ada, yakni kubu Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (Bacapres) 2024.

Diketahui, setelah hengkang dari Koalisi Persatuan untuk Perubahan (KPP) dan mencabut dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai bacapres, Demokrat belum menentukan arah koalisi lagi.

Sebelumnya, Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, menyebut Demokrat sementara memilih akan fokus dengan koalisi yang sudah ada keitmbang membuat poros baru.

Demokrat akan segera menentukan keputusan politiknya secara terbuka kepada publik.

"Untuk arah koalisi dan kerja sama kami ke depannya kemungkinan baru minggu depan baru kami bisa sampaikan ke publik," kata Herzaky saat dikonfirmasi, Sabtu (16/9/2023).

Herzaky pun meminta seluruh kader menunggu keputusan arah koalisi dari Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca juga: PAN Harap Hatta Rajasa Komunikasi ke SBY Ajak Demokrat Dukung Prabowo

Sementara itu, pihak Partai Golkar memberikan kode partai politik (parpol) yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendukung Prabowo Subianto bacapres.

BERITA REKOMENDASI

Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono, membocorkan ciri-ciri parpol yang akan segera bergabung ke dalam KIM.

Partai tersebut, disebut Dave, berwarna biru dan dipimpin seorang pria muda.

"Ada partai biru, partai berwarna biru partai warna biru yang dipimpin oleh seorang apa namanya ya oleh seorang pria yang amat tampan dan muda," ucapnya, Sabtu (16/9/2023).

Selain itu, Dave mengungkap sosok pimpinan parpol berwarna biru merupakan mantan anggota TNI.

Meski begitu, Dave belum menjelaskan ciri-ciri itu merujuk kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"(Ciri-ciri) mantan serdadu kali ya. Serdadu langitan kali ya hehe. Apa serdadu daratan. Kita lihat aja nanti," jelasnya.

Nantinya, menurut Dave, parpol tersebut, akan segera mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo capres dalam waktu dekat.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas