Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gerak 98 Nilai Ganjar-Mahfud Bukan Pemimpin Instan, Berproses dari Perjuangan Pergerakan Mahasiswa

Gerakan Aktivis 98 atau GERAK 98 menyambut baik Ganjar Pranowo dan Mahfud MD melakukan pendaftaran sebagai pasangan capres dan cawapres ke KPU.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Gerak 98 Nilai Ganjar-Mahfud Bukan Pemimpin Instan, Berproses dari Perjuangan Pergerakan Mahasiswa
Istimewa
Ketua GERAK 98 (Gerakan Aktivis 98) Mixil Mina Munir. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ganjar Pranowo dan Mahfud MD melakukan pendaftaran sebagai pasangan capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (19/10/2023).

Gerakan Aktivis 98 atau GERAK 98 yang berada di Jakarta dan perwakilan di daerah mempersiapkan syukuran serta menyerukan kepada seluruh elemen pendukung untuk memeriahkan acara tersebut.

Ketua GERAK 98 Mixil Mina Munir mengaku antusias mengikuti acara tersebut karena mengingatkan dirinya dua dekade lampau ketika aktif turun ke jalan menumbangkan Orde Baru.

Proses ini turut dialami Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai mantan aktivis mahasiswa.

“Ganjar Pranowo dan Mahfud MD lahir dan terlibat aktif dalam sejarah perubahan demokrasi republik. Pastinya beliau bukan pemimpin instan lahir dari proses penggemblengan Kawah Candradimuka pergerakan, dan terbukti melalui rangkaian yang sama berdiskusi dan melakukan advokasi perjuangan rakyat. Rekak jejak tersebut semakin memantapkan kami untuk memilih mereka,” kata Mixil Mina Munir.

Mixil yang juga mantan Aktivis Forkot menekankan, proses dari pengumuman hingga pendeklarasian yang dilakukan seperti dipilihnya DPP PDIP sebagai tempat pengumuman Mahfud MD sebagai Cawapres memberikan makna yang mendalam bagi aktivis 98.

Baca juga: Momen Ganjar Tertawa Dengar Cerita Kemeja Putih Mahfud MD yang Batal Dipakai saat Pilpres 2019

BERITA TERKAIT

Mengingat latar belakang tempat tersebut sebagai tempat bersejarah perlawanan terhadap Orde Baru.

“DPP PDIP adalah tempat bersejarah Peristiwa Kuda Tuli, 27 Juli 1996. Di tempat ini kami bersama-sama aktivis pro demokrasi melawan nafsu kekuasaan Orde Baru, bagaimana kekuasaan dipergunakan dengan segala cara untuk meredam perlawanan menggulingkan rezim otoriter,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara GERAK 98 yang juga mantan Aktivis Front Kota (Frontkot) Lambok Jeffri menyatakan Mahfud MD adalah sosok tepat menjawab tantangan reformasi hukum yang sangat diperlukan saat ini.

Baca juga: Hasto Benarkan Sandiaga Uno Jadi Dewan Pakar di Struktur TPN Ganjar-Mahfud

Mewujudkan pemerintahan yang bersih dari KKN adalah tuntutan reformasi yang belum tuntas tercapai.

“Mahfud MD adalah sosok yang tepat untuk melakukan Reformasi Sistem Hukum Nasional, rekam jejak yang jelas memperjuangkan hak-hak rakyat. Hal ini sejalan dengan tuntutan Reformasi dan Enam Mandat GERAK 98 yang kami amanatkan kepada Ganjar Pranowo,” jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas