Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Head To Head Prabowo Subianto Vs Ganjar Pranowo Versi Survei Terbaru Indikator Politik Indonesia

Survei Indikator ini dilakukan pada 2-10 Oktober 2023, menggunakan metode Multistage Random Sampling dan wawancara tatap muka.

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Head To Head Prabowo Subianto Vs Ganjar Pranowo Versi Survei Terbaru Indikator Politik Indonesia
tangkapan layar
Survei nasional Indikator Politik Indonesia yang dilangsungkan pada 2-10 Oktober 2023, menunjukkan ketatnya persaingan antara Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo sebagai pilihan presiden responden. Direktur Eksekutif Burhanuddin Muhtadi dalam rilis Survei Indikator Politik teranyarnya menerangkan bahwa jika Prabowo dihadapkan satu lawan satu dengan Ganjar, hasilnya Prabowo akan memenangkan pertarungan Pilpres. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Head to Head kandidat bacapres Prabowo Subianto melawan Ganjar Pranowo dalam rilis survei Indikator Politik Indonesia terungkap bahwa Prabowo unggul atas Ganjar dengan selisih 13,7 persen.

Direktur Eksekutif Burhanuddin Muhtadi dalam rilis Survei Indikator Politik teranyarnya menerangkan bahwa jika Prabowo dihadapkan satu lawan satu dengan Ganjar, hasilnya Prabowo akan memenangkan pertarungan Pilpres.

“Prabowo meraup elektabilitas 51,5 persen dan Ganjar Pranowo capai angka 37,8 persen. Sementara sebanyak 10,7 persen belum menentukan pilihan,” ungkap Burhanuddin memaparkan hasil survei di kanal Youtube Indikator Politik Indonesia, Jumat (20/10/2023), Jumat (20/10/2023).

Baca juga: Survei Capres Terbaru Indikator: Elektabilitas Prabowo Teratas, Tapi Punya Swing Voters Tertinggi

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pada bulan Oktober 2023 ini Prabowo mengalami tren Elektabilitas naik sementara Ganjar mengalami penurunan.

Survei Indikator ini dilakukan pada 2-10 Oktober 2023, menggunakan metode Multistage Random Sampling dan wawancara tatap muka.

Baca juga: Prabowo Teratas Simulasi Top of Mind Survei Indikator Politik, Ganjar Tempel Ketat, Anies Ketiga

Dalam survei ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 1.200 orang yang berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional.
Margin of Error sekitar kurang lebih 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Kemudian, dilakukan oversample di 12 Provinsi dengan total 4300 responden mencakup Sumatra Utara, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Sulawesi Selatan.

Prabowo Punya Swing Voters Tertinggi

BERITA REKOMENDASI

Survei nasional Indikator Politik Indonesia yang dilangsungkan pada 2-10 Oktober 2023, menunjukkan ketatnya persaingan antara Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo sebagai pilihan presiden responden.

Prabowo berada di urutan teratas dengan 37 persen ditempel Ganjar 34,5 persen, dan Anies di urutan ketiga dengan 21,9 persen.

"Kalau kita lihat trennya begini, polanya tidak berubah. Pak Prabowo unggul tetapi tipis secara statistik dengan Ganjar," kata Peneliti Utama Indikator Burhanuddin Muhtadi.

Namun ada 6,6 persen responden yang menjawab tidak tahu atau tidak jawab. Menurut Burhanudin, hal ini menandakan bahwa peluang menggaet pemilih yang belum menentukan pilihan makin mengecil.

"Tinggal 6,6 persen yang belum tahu atau tidak mau menjawab. Artinya peluang untuk menggaet undecided voters itu makin kecil," ungkapnya.

Baca juga: Jika Gibran Rakabuming Raka Jadi Cawapres Prabowo Subianto, PAN Klaim Tidak Baper

Kendati begitu, ada upaya dari 3 bacapres ini untuk menggaet swing voters atau pemilih yang masih belum mantap dengan pilihannya sendiri.

Berdasarkan hasil survei, swing voters atau pemilih labil pada Anies sebesar 22,8 persen, Ganjar 21,5 persen, dan Prabowo 24,2 persen.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas