Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jubir TPN Ganjar: Kalau Mau Menang Pilpres, Pulau Jawa Wajib Jadi Perhatian

Pasalnya dari 204 juta Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, 115,3 juta pemilih berada di Pulau Jawa.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Jubir TPN Ganjar: Kalau Mau Menang Pilpres, Pulau Jawa Wajib Jadi Perhatian
Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Sunanto di Kantor Tribun Network, Palmerah, Jakarta, Kamis (26/10/2023). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Sunanto mengatakan tiga provinsi di Pulau Jawa yakni Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur wajib menjadi perhatian jika mau menang Pemilu 2024.

Pasalnya dari 204 juta Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, 115,3 juta pemilih berada di Pulau Jawa. Di mana Jawa Barat memiliki pemilih terbanyak dengan 35,7 juta jiwa, disusul Jawa Timur 31,4 juta jiwa, dan Jawa Tengah 28,2 juta jiwa. 

Baca juga: Profil Yenny Wahid, Putri Gus Dur Dukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024, Langsung Dapat Tugas Penting




"Kalau mau menang harus menjadi perhatian, perhatian dalam konteks bahwa semua daerah tetap menjadi perhatian Ganjar-Mahfud di dalam ruang dan harapan ke depan," kata Cak Nanto saat berbincang bersama Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra, di Kantor Tribun Network, Palmerah, Jakarta, Kamis (26/10/2023).

"Artinya daerah karena jumlah penduduknya besar, ini suara rakyat kan maka semua kandidat akan memikirkan untuk itu. Tidak hanya kami, semua (kandidat) fokus bagaimana memenangkan," lanjutnya.

Sementara wilayah Jawa Barat menjadi salah satu perhatian besar bagi TPN Ganjar Presiden.

Baca juga: Jubir TPN Ganjar Bantah PDIP Bakal Keluar dari Kabinet Pemerintahan Jokowi

Hal ini karena pada Pilpres 2014 dan 2019, ketika PDIP mencalonkan Joko Widodo sebagai capres, suara di Jawa Barat terbilang stagnan. 

BERITA TERKAIT

"Jawa Barat. Bukan soal elektoral. Beberapa kali Pak Jokowi dua kali periode kalah di Jabar dan tidak naik-naik," jelas dia.

"Selain Jateng dan Jatim, Jabar juga pasti menjadi salah satu yang kemungkinan effortnya perlu dikencangkan karena disamping suara pemilu, tetapi juga kolaborasi persepsi orang-orang Jabar terhadap PDIP itu belum, butuh effort yang budaya dan tidak instan," ujar Cak Nanto. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas