Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rampai Nusantara Soal Jokowi Ajak 3 Capres Makan Siang di Istana: Netralitas Pun Terjamin

Semar menyampaikan jika dengan mengundang 3 capres ke Istana, Jokowi juga membawa pesan bahwa negara menjamin netralitas dalam pemilu mendatang.

Penulis: Reza Deni
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Rampai Nusantara Soal Jokowi Ajak 3 Capres Makan Siang di Istana: Netralitas Pun Terjamin
Ist
Ketua Umum Rampai Nusantara Mardiansyah. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Rampai Nusantara Mardiansyah mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang mengajak tiga bakal calon presiden, yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo untuk makan siang bersama di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Mardiansyah yang akrab disapa Semar tersebut menilai Jokowi telah memberikan contoh sangat baik bagi masyarakat untuk tetap teduh dan bersatu menjelang pesta demokrasi pada 2024 nanti.

"Kami menilai apa yang dilakukan presiden mengajak tiga capres makan siang bersama, penuh keakraban membawa pesan tersendiri bagi masyarakat agar pemilu yang akan datang berjalan dengan baik, saling menghormati dan menjaga ketenteraman bersama, karena itu harusnya ini juga diikuti oleh elite partai, para pendukung termasuk juga pengamat politik untuk berhenti membangun narasi yang dapat membangkitkan rasa kebencian dan saling memusuhi sesama anak bangsa," kata Semar kepada wartawan, Senin (30/10/2023).

Lebih lanjut, Semar menyampaikan jika dengan mengundang 3 capres ke Istana, Jokowi juga membawa pesan bahwa negara menjamin netralitas dalam pemilu mendatang.

"Sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan presiden menunjukan bahwa pemerintah berdiri untuk kepentingan bangsa dan tidak memihak calon tertentu, dan itu sangat baik bagi perkembangan demokrasi kita tentunya," tambah Semar.

Rampai Nusantara menurut Semar tentu juga mendorong semangat yang sama dengan presiden Jokowi bahwa pemilu harus berjalan dengan damai dan penuh kegembiraan.

BERITA TERKAIT

"Bagi kami Rampai Nusantara, janganlah kita seringkali berprasangka buruk penuh kecurigaan terhadap jokowi yang itu hanya memunculkan rasa saling menghujat dan membenci," kata dia.

"Dan yang menjadi ukuran keberhasilan dalam ajang pemilu dapat dinilai dari terselenggaranya dengan baik, tidak menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat dan dapat dinikmati pesta demokrasi ini dengan penuh sukacita juga riang gembira," pungkas Semar.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar makan siang bersama tiga Calon Presiden di Pilpres 2024. Mereka yang hadir diantaranya Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Makan siang tersebut digelar di salah satu ruangan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (30/10/2024).

Makan siang tersebut berlangsung kurang lebih satu jam. Para Capres keluar dari Istana berbarengan melalui pintu pilar, Jalan Veteran, Jakarta Pusat sekira pukul 13.40 WIB.

Prabowo mengatakan bahwa makan siang berlangsung dengan suasana yang penuh Keakraban.

"Jadi bagus kita juga dalam suasana yang akrab tadi kami ucapkan terima kasih diundang. Kalau nggak diundang kita jarang bisa kumpul. Itu saya kira demikian ya. Jadi beliau juga berharap suasana bagus dan kita juga berharap suasana baik," katanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas