Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Diminta Segera Umumkan Nama Kapten Tim Pemenangan AMIN

Hakiki menyebut sebenarnya Anies dapat memecahkan kebuntuan nama kapten tim pemenangan. 

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Anies Diminta Segera Umumkan Nama Kapten Tim Pemenangan AMIN
Tribunnews/Mario Christian Sumampow
Bakal capres cawapres dari KIM Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam konferensi persnya di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, usai tes kesehatan, Sabtu (21/10/2023) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga kini sosok kapten Tim Pemenangan AMIN (Anies - Muhaimin) belum juga diumumkan.

Pengamat politik Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menilai, ada sesuatu faktor yang membuat kapten Tim Pemenangan AMIN tak kunjung diumumkan.

"Atau ini masih mencari figur yang pas dan dapat mengakomodir serta dapat diterima oleh partai pengusung. Jadi suka tidak suka, ketua tim belum ada saat ini," katanya kepada wartawan, Senin (6/11/2023).




Ujang tidak menampik ada konflik yang terjadi diantara partai pengusung dalam menentukan nama ketua tim pemenangan. 

"Meski ini soal belum deal saja, tapi bisa ya dan tidak adanya potensi konflik. Belum diumumkannya nama mengindikasikan terdapat masalah saat ini," ucapnya.

Sebelumnya, founder Nilam Institut Muhammad Hakiki menyebut faktor waktu cukup krusial untuk segera diumumkan nama ketua tim pemenangan. 

"Dengan begitu mesin politik para partai pengusung dan relawan akan dapat langsung bergerak. Jika terlalu lama, menurut saya Anies harus mengambil alih dan mengumumkannya, karena ini amat krusial," ucapnya.

BERITA TERKAIT

Hakiki menyebut sebenarnya Anies dapat memecahkan kebuntuan nama kapten tim pemenangan. 

"Karena begini, ia dapat menenangkan Surya Paloh sehingga dirinya mendapatkan tiket pencapresan. Mestinya dalam menentukan nama kapten, Anies juga dapat menekan partai pengusung agar membiarkan dirinya yang memutuskan siapa sosok kaptem tim pemenangan," tandasnya.

Siapa sosoknya?

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengungkapkan, sosok kapten Tim Pemenangam AMIN (Anies-Muhaimin) bukan dari kalangan dunia usaha, apalagi bagian dari oligarki.

Hal itu disampaikannya menanggapi sosok calon yang akan memimpin Tim Pemenangan AMIN.

"Kami tidak mengambil tokoh-tokoh ternama dari dunia usaha. Klau bahasa sekarang bukan bagian dari oligarki," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2023).

Diungkapkan Gus Jazil, sapaan akrabnya, pihak pasangan AMIN memang tidak mengincar sosok pengusaha menjadi kapten Tim Pemenangan.

Baca juga: Jubir Anies: Timnas AMIN Akan Diisi Sosok Seperti ‘Avengers’

"Kita cari rakyat biasa yang punya kemampuan yang besar untuk mengkolaborasi kekuatan rakyat. Kita cari figur rakyat biasa saja," ujarnya.

Ada pun, dikatakan Gus Jazil, kapten Tim Pemenangan AMIN sudah diputuskan dan hanya menunggu momen tepat untuk diumumkan ke publik.

"Sudah siap. Sudah siap. Sudah (diputuskan), belum diumumkan," pungkas Gus Jazil.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas