Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Logistik Pemilu Mulai Dikirim ke KPU Kabupaten dan Kota

Logistik Pemilu 2024 sudah mulai dikirimkan ke ke kantor-kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Logistik Pemilu Mulai Dikirim ke KPU Kabupaten dan Kota
Warta Kota/Yulianto
Petugas KPU Jakarta Pusat memindahkan kotak suara Pemilu 2024 di Gudang KPU Jakarta Pusat, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2023). KPU DKI Jakarta mulai mendistribusikan logistik tahap pertama berupa bilik suara, kotak suara, dan tinta untuk Pemilu 2024 dengan target selesai pada 10 November 2023. Warta Kota/Yulianto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Logistik Pemilu 2024 sudah mulai dikirimkan ke ke kantor-kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah.

"Logistik sudah mulai diadakan dan sudah mulai dikirim, sudah mulai diterima oleh KPU kabupaten/kota," kata Ketua KPU RI kepada awak media, Kamis (16/11/2023.




Sementara itu, Koordinator Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga, dan Logistik KPU RI, Yulianto Sudrajat, mengatakan tahap pertam. penyebaran logistik pemilu sudah selesai

"Iya kan sudah mulai september kemarin kan, September sampai dengan november dan sekarang sudah terkirim ke kabupaten kota," tuturnya saat dikonfirmasi.

"Sudah jalan simultan sampai nanti target kami 21 November sudah bisa sampai ke gudang-gudang seluruh KPU kabupaten kota," ia menambahkan.

Baca juga: KPU Bakal Cetak Surat Suara Caleg DPR dan DPD pada 10 November 2023 Mendatang

Sebagai informasi, KPU akan mencetak 1,2 miliar lebih lembar surat suara untuk Pemilu 2024.

BERITA TERKAIT

Surat itu meliputi pemilihan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPD, calon anggota DPR RI, calon anggota DPRD provinsi, dan calon anggota DPRD kabupaten/kota.

"1.208.921.320 lembar. Setiap pemilih mendapatkan lima jenis surat suara, dari capres-cawapres sampai calon DPRD kabupaten/kota," ujar Yulianto dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Berbeda dengan pemilh di DKI Jakarta yang hanya akan mendapatkan empat jenis surat suara. Sebab pemilih DKI tidak memilih calon anggota DPRD tingkat kabupaten/kota.

Dalam penyediaan logisitik pemilu, KPU bakal melibatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan koperasi.

Sehingga Sudrajat berharap hal ini juga dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Tanah Air

Selain surat suara, KPU juga akan melakukan pengadaan perlengkapan pemilu lain, seperti kotak suara, bilik suara, segel, formulir, stampel maupun tinta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas