Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Suara Kalangan Gen Z Pegang Peranan Krusial di Pemilu 2024

Dengan semakin intensifnya pemanfaatan teknologi digital pada pemilu, menurut Budi Arie gen Z juga memegang peranan krusial dalam pemilu 2024.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Suara Kalangan Gen Z Pegang Peranan Krusial di Pemilu 2024
Endrapta Pramudhiaz
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. Dengan semakin intensifnya pemanfaatan teknologi digital pada pemilu, menurut Budi Arie gen Z juga memegang peranan krusial dalam pemilu 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menuturkan generasi muda berperan penting dalam pemanfaatan teknologi digital secara global.

Budi Arie menyebut penggunaan platform digital oleh gen Z paling banyak memanfaatkan search engine, media sosial, dan chatting. 

“Di Indonesia 36 persen gen Z merupakan pengguna aktif internet rekan-rekan muda menghabiskan rata-rata 6 jam perhari untuk menggunakan media sosial seperti Instagram Facebook YouTube dan Twitter,” katanya dalam Talkshow Politik Tribun Series Singgah ke Solo: Benarkah Medsos Kunci Menangkan Suara Gen-Z, Kamis (16/11/2023).

Baca juga: PKS Terusik Drama Politik Jelang Pilpres: Jangan Berpihak ke Satu Paslon

Dengan semakin intensifnya pemanfaatan teknologi digital pada pemilu, menurutnya gen Z juga memegang peranan krusial dalam pemilu 2024.

Budi Arie mencatat 22,85 persen dari 24 juta pemilih atau sebanyak 46 juta pemilih dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah gen Z.

“Sehingga gen Z juga perlu berkontribusi menciptakan ruang digital yang sehat dan kondusif guna mewujudkan Pemilu damai bermartabat dan berkualitas,” ucap Menkominfo.

Baca juga: Hari Ini Talkshow Politik Tribun Series Singgah ke Solo: Benarkah Medsos Kunci Menangkan Suara Gen-Z

Sejalan dengan tema talkshow Tribun Series, Budi Arie mengatakan bahwa anak muda adalah masa depan bagi sebuah bangsa.

BERITA REKOMENDASI

Untuk itu, dia mengajak gen Z agar mewujudkan pemilu yang damai di media sosial.

“Tema talkshow kali ini pemilu di era gen Z kompetisi damai di media sosial mengingatkan saya pada kutipan dari Nelson Mandela Thr Youth of Today Are The Leaders of Tomorrow mari berikan kesempatan bagi para generasi muda karena mereka yang akan memegang tamu kepemimpinan di masa mendatang,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas