Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ganjar Pranowo Respons Kritik Gibran Soal Fasilitas SMK di Surakarta: Kelihatan Beliau Siap Debat

Ganjar Pranowo merespons kritikan cawapres dari Prabowo Subianto yakni Gibran Rakabuming Raka perihal fasilitas SMK di Surakarta yang dinilai jadul.

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Ganjar Pranowo Respons Kritik Gibran Soal Fasilitas SMK di Surakarta: Kelihatan Beliau Siap Debat
Tribunnews.com/ Fahmi Ramadhan
Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo di Pasar Selasa Loa Kulu, Kutai Kaetanegara, Kalimantan Timur, Rabu (6/12/2023). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo merespons kritikan cawapres dari Prabowo Subianto yakni Gibran Rakabuming Raka perihal fasilitas SMK di Surakarta yang dinilai jadul.

Adapun kritikan itu disampaikan Gibran saat menggelar dialog di sebuah pondok pesantren daerah Tangerang beberapa waktu lalu.

Menyikapi hal tersebut, Ganjar pun mengaku berterimakasih atas kritikan tersebut dan bahkan sampai menilai bahwa pria yang masih menjabat Wali Kota Solo itu siap berdebat di agenda debat Pilpres 2024.

"Saya senang beliau memberi catatan, jadi ini sangat bagus sekali buat saya. Kelihatan sekali kalau beliau itu siap debat gitu ya," kata Ganjar di Pasar Selasa Loa Kulu, Kutai Kaetanegara, Kalimantan Timur, Rabu (6/12/2023).

Ganjar pun menjelaskan, bahwa sejatinya pada saat dirinya masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Gibran juga diikutsertakan dalam pembentukan konsorsium.

Baca juga: Tampung Curhat Pelaku Usaha Soal Komitmen Kembangkan UMKM, Istri Ganjar Pastikan Keberpihakannya

Adapun konsorsium itu ditujukan untuk meremajakan sejumlah fasilitas SMK di Surakarta.

BERITA REKOMENDASI

"Saya dan mas Gibran bareng untuk menyusun itu dan beliau orang yang sangat kreatif, hebat. Jadi anak muda penuh kreatifitas untuk bisa membantu siapapun tanpa harus melihat kewenangan," jelasnya.

Tak hanya itu, lantaran kritikan tersebut, bahkan Ganjar sampai menyebut bahwa isu yang ada jika Gibran tak siap debat merupakan fitnah.

Menurutnya kritikan tersebut jadi suatu catatan dari Gibran untuk mempersiapkan debat Pilpres yang akan datang.

Baca juga: Kampanye Capres Hari Ini: Ganjar Bakal ke Samarinda, Anies Sapa Warga Bengkulu, Bagaimana Prabowo?

"Jadi agak fitnah yang mengatakan beliau tidak siap debat. Beliau siap, punya catatan," pungkasnya.

Terkait kritikan Gibran, dilansir dari Kompas.com, Dalam dialog di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah tersebut, Gibran ditanya seorang santriwati yang mengeluhkan teknologi yang tersedia di pondok pesantren tak sesuai dengan perkembangan zaman.

Gibran kemudian memaparkan riwayat kerjanya terkait hal ini di Surakarta yang dipimpinnya, dengan menyentil kewenangan Ganjar selaku gubernur saat itu.

"Sebenarnya SMK tuh bukan ranahnya wali kota sih, tetapi ranahnya gubernur. Tapi karena ya keadaannya kurang baik, kami memberanikan diri. Mohon maaf, komputernya masih jadul, atau alat-alatnya itu masih sangat tidak terupdate. Ini kita update semuanya," ungkap putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Ia kemudian mengungkit pembentukan konsorsium dengan menggandeng beberapa perusahaan besar guna mengawal perbaikan SMK agar sejalan dengan perkembangan dunia industri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas