Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesan Pakar Lingkungan ke Capres jika Ingin Lanjutkan IKN

Pakar Lingkungan Hidup Alexander Sonny Keraf mendukung pihak manapun yang memiliki visi misi melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Pesan Pakar Lingkungan ke Capres jika Ingin Lanjutkan IKN
YouTube Sekretariat Presiden
Prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupetan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Prosesi ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dihadiri 34 gubernur dan 15 tokoh masyarakat Kalimantan. 

TRIBUNNEWS.COM - Pakar Lingkungan Hidup, Alexander Sonny Keraf mendukung pihak manapun yang memiliki visi misi melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal tersebut merupakan upaya terbaik menyelamatkan ibu kota Indonesia di masa mendatang.

Termasuk halnya calon presiden (Capres) 2024 yang mendukung perwujudan Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.




“Saya sudah menyuarakan pemindahan ibu kota ini sejak 2010 sebagaimana visi Bung Karno di masa lampau. Dari sisi lingkungan, ibu kota negara harus pindah karena Jakarta terancam akan tenggelam,” ujar dia, Sabtu (9/12/2023).

Baca juga: Ikuti Jejak Ganjar, Prabowo dan Cak Imin Akan Berkampanye di IKN

Seperti diketahui, pemindahan ibu kota sudah jauh-jauh direncanakan di zaman Bung Karno.

Rencana tersebut baru dirintis di zaman pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kini, satu di antara Capres 2024, Ganjar Pranowo, bertekad meneruskan rencana tersebut dan mewujudkan pemindahan ibu kota negara sesuai undang-undang.

BERITA TERKAIT

Komitmen Ganjar, selain karena tegas ingin melaksanakan undang-undang, tetapi juga memiliki satu garis ideologi dengan Bung Karno dan Jokowi.

Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Sandiaga Salahudin Uno bahkan melihat sosok Ganjar sangat mirip dengan figur Jokowi.

“Ganjar itu sosok Jokowi versi 3.0. Paling mirip dengan Pak Jokowi dari segi pendekatan, yang sangat dekat dengan rakyat, blusukan, sat-set, cepat geraknya, saya menyebutnya Jokowi 3.0. Pak Ganjar ini adalah versi Pak Jokowi 2024," katanya.

Kendati mendukung kelanjutan IKN, Sonny memberikan beberapa catatan kritis kepada Ganjar ke depan.

Pembangunan IKN harus dilakukan multi years, dipersiapkan dengan baik, perencanaan yang matang terutama memastikan pembangunannya ramah lingkungan.

Karena itu, rekomendasi dia adalah menghentikan deforestasi dan mengembalikan hutan sebagai fungsi utamanya, baik sebagai klimatologis untuk pengatur iklim, hidrologis untuk air, menyumbang udara bersih, sumber pangan, dan sumber energi.

“Pembangunan IKN harus dipastikan benar-benar green, smart city dan dirancang untuk bisa sampai 100 tahun ke depan. Jangan sampai dibangun lalu beberapa tahun kemudian diubah lagi."

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas