Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat Menilai Pemilih Bimbang di Pilpres 2024 Kemungkinan Beralih ke Anies atau Ganjar

Dikatakan Ray suara undecided voters tersebut tak akan lari ke pasangan Prabowo-Gibran, melainkan Anies-Muhaimin Iskandar atau Ganjar-Mahfud.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pengamat Menilai Pemilih Bimbang di Pilpres 2024 Kemungkinan Beralih ke Anies atau Ganjar
dok.
Gagasan Anies, Prabowo dan Ganjar di Debat Pilpres 2023 tentang pemberantasan korupsi, Selasa malam, 12 Desember 2023, dinilai terlalu menyentuh ranah teknis dan dianggap hanya janji kampanye belaka. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W. Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti, menilai debat capres menjadi salah satu cara raih suara pemilih bimbang atau undecided voters di Pilpres 2024.

Diketahui survei Litbang Kompas terbaru melaporkan undecided voters cukup tinggi berada di angka 28,7 persen.

Dikatakan Ray suara undecided voters tersebut tak akan lari ke pasangan Prabowo-Gibran, melainkan Anies-Muhaimin Iskandar atau Ganjar-Mahfud.

"Debat ini peluang bagi semua kandidat untuk meraih suara tambahan. Pertanyaannya kira-kira kemana suara undecided voters pasca debat," kata Ray kepada Tribunnews.com, Rabu (13/12/2023).

Baca juga: Pemilih Bimbang Kalahkan Elektabilitas Anies dan Ganjar, Survei Terbaru Litbang Kompas & Analisisnya

Ray menilai suara pemilih bimbang akan beralih Anies-Muhaimin atau Ganjar-Mahfud.

Ia meyakini paslon Prabowo-Gibran tidak bisa lagi mendapatkan suara dari undicede voters.

BERITA TERKAIT

"Kalau kita baca yang sekarang ini umumnya pemilik Prabowo-Gibran adalah pemilih Pak Jokowi yang puas tetapi tidak cocok dengan Prabowo-Gibran," kata Ray.

Ray menyebutkan bahwa pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi sebanyak 75 persen.

Kemudian kata Ray Rangkuti pemilih yang tidak puas, umumnya merupakan pemilih Anies, ditambah juga dengan pendukungnya Pak Prabowo.

"Jangan lupa pendukung Pak Prabowo itu banyak yang tidak puas dengan kinerja Pak Jokowi. Sekarang undicede voters itu pindah, ibaratnya begini mereka tetap puas dengan Pak Jokowi tetapi tidak cocok dengan Pak Prabowo dan Gibran. Maka dari itu mereka menunda pilihan," jelasnya.

Diketahui Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan tim pasangan calon presiden dan wakil presiden, telah resmi sekapati debat Pilpres 2024.

Berikut jadwal dan tema debat calon presiden dan wakil presiden Pilpres 2024.

1. Debat pertama, 12 Desember 2023: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

2. Debat kedua, 22 Desember 2023: Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional.

3. Debat ketiga, 7 Januari 2024: Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.

4. Debat keempat, 21 Januari 2024: Energi, SDA, SMN, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat.

5. Debat kelima, 4 Februari 2024: Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas