Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ragam Komentar Hasto PDIP: Sebut Gibran Tiru Jokowi, Sentil Golkar Tak Bisa Calonkan Kader Sendiri

Sekjen, Hasto Kristiyanto, melemparkan kritik kepada kubu pasangan nomor urut 2 pada Pilpres 2024, yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Ragam Komentar Hasto PDIP: Sebut Gibran Tiru Jokowi, Sentil Golkar Tak Bisa Calonkan Kader Sendiri
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto (tengah) saat dijumpai di Kantor DPC PDIP Pacitan, Jawa Timur, Rabu (20/12/2023). Sekjen, Hasto Kristiyanto, melemparkan kritik kepada kubu pasangan nomor urut 2 pada Pilpres 2024, yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Fersianus Waku) 

TRIBUNNEWS.COM - Sekretaris Jenderal (Sekjen), Hasto Kristiyanto, melemparkan kritik kepada kubu pasangan nomor urut 2 pada Pilpres 2024, yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pada debat cawapres kemarin malam, Jumat (22/12/2023), Gibran menjadi sorotan karena melemparkan pertanyaan-pertanyaan dengan istilah sulit kepada cawapres lain.

Kepada cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran bertanya mengenai SGIE (State of the Global Islamic Economy).

Baca juga: Jokowi Nyaman Pakai Dasi Kuning, Hasto: Hadiah untuk Golkar yang Tak Bisa Calonkan Kader di Pilpres




Sementara kepada cawapres nomor urut 2, Mahfud MD, Wali Kota Solo itu bertanya perihal Carbon Capture and Storage (CCS).

Menurut Hasto, gaya Gibran dalam berdebat meniru apa yang pernah dilakukan oleh ayahnya, yaitu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gibran dinilai oleh pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud ini, memberikan pertanyaan jebakan ke dua cawapres lainnya untuk mencari keuntungan.

"Ini kan suatu pengulangan dari apa yang dilakukan oleh Pak Jokowi pada tahun 2014 ke Pak Prabowo dan Hatta," ujar Hasto, Jumat.

BERITA TERKAIT

Kala itu, dalam debat capres 2014, Jokowi bertanya ke Prabowo soal langkahnya meningkatkan peran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), tanpa menjabarkan lebih jauh singkatan TPID.

Prabowo pun saat itu bertanya balik ke Jokowi soal kepanjangan TPID dan mengakui ia tidak hafal setiap singkatan.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat ditemui awak media di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Jumat (22/12/2023).
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat ditemui awak media di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

Selain itu, Hasto juga buka suara perihal status keanggotaan Presiden Jokowi di PDI Perjuangan (PDIP).

Ia menyebut bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu masih bagian dari PDIP.

Sebagai informasi, akhir-akhir ini status keanggotan Presiden Jokowi di partai dipertanyakan setelah keluarganya berbondong-bondong merapat ke kubu Prabowo.

Apalagi Jokowi baru-baru ini memakai dasi berwarna kuning yang dikaitkan dengan kepindahannya ke Partai Golkar.

Mengenai dasi tersebut, Hasto menyinggung bagaimana partai besar seperti Golkar tidak bisa mencalonkan kadernya sebagai capres maupun cawapres di Pemilu 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas